Danrem 044/Gapo Pimpin Rapat Kegiatan Persiapan Pelaksanaan Posko Satgas Siaga Darurat Bencana Asap Di BPBD Prov Sumsel

Palembang, PW: Komandan Korem (Danrem) 044/Gapo Brigjen Tni Jauhari Agus Suraji S.I.P,S.Sos, pimpin rapat koordinasi persiapan pelaksanaan posko satuan tugas siaga darurat bencana asap (KARHUTBUNLA), kamis (18/6/2020)

Bertempat di kantor BPBD Provinsi Sumatera Selatan Jl. Gubernur Asnawi Mangku Alam, Kel. Talang Betutu, Kec. Sukarami kota Palembang,  berlangsung kegiatan rapat Persiapan Pelaksanaan Posko Satuan Tugas Siaga Darurat Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan Prov. Sumsel Tahun 2020, yang dipimpin oleh Brigjen Tni Jauhari Agus Suraji S.I.P, S.Sos Danrem 044/Gapo

Hadir dalam kegiatan tersebut, Brigjen Tni Jauhari Agus Suraji, SIP, S.Sos Danrem 044/Gapo, Kombes Pol Drs. Djihartono Karo Ops Polda Sumsel, Dir Reskrim Sus Polda Sumsel diwakili AKP Nazirudin, SH, M.Si, H.Iriansyah, S.Sos, SKM, M.Kes Ka. Pelaksana BPBD Prov Sumsel, Danlanud SMH Palembang diwakili Letkol Pas Iyan Rusdian, SE Kadis Ops Lanud SMH Palembang, AKBP Teguh Biro Ops Polda Sumsel, Nuga Putrantijo, SP, M.Si Kepala Sta. Klim. Kelas I Palembang (Koordinator BMKG Prov. Sumsel), Ir.Dharma Dahlan, MM Tim Restorasi Gambut Provinsi, Pandji Tjahjanto Kepala Dinas Kehutanan Prov Sumsel, Drs. H.Edward Candra, M.H Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Desa Prov. Sumsel, H.Aris Saputra, S.Sos, M.Si Kasat Pol PP Prov. Sumsel, Ibu Ida Yuniarti GM Airnav Cabang Palembang, Ibu Anita perwakilan APHI, Perwakilan PPI Karhutla, Alex Perwakilan GAPKI Sumsel, Perwakilan Angkasa Pura II.

Pada sambutan pembukaan H. Iriansyah, S.Sos, SKM, M.Kes selaku Kepala Pelaksana BPBD Prov. Sumsel Menyampaikan, Hari ini kita melaksanakan rapat perdana dalam rangka penanganan Karhutlah di Prov. Sumsel, hari ini kita melibatkan semua pihak dan instansi karena luasnya dampak dari Karhutlah. Mari kita bersama-sama bekerjasama untuk bisa mencegah Karhutlah di Prov. Sumsel,” tandas nya.

Sementara itu Danrem 044/Gapo Brigjen Tni Jauhari Agus Suraji, SIP,S.Sos, menyampaikan, Saya melihat terhadap kegiatan kedepan untuk mengantisipasi Karhutlah di Prov Sumsel, kita sama sama berharap Karhutlah tahun ini tidak sama dengan tahun kemaren.

Pergup Terkait Penanganan Karhutlah telah di tanda tangani Gubernur saya ditunjuk sebagai Komandan Operasi dengan membawahi beberapa Sub Satgas, tugas ini bukan merupakan hal yang baru namun kita wajib mengantisipasi karena pengalaman tahun 2015 maka Karhurla yang perlu kita waspadai dengan tetap melaksanakan dan langkah-langkah prepentif sehingga Karhutlah di tahun 2020 dapat di atasi dengan baik. Penyebab kebakaran lahan hanya beberapa persen disebabkan oleh alam (1-5%), namun yang paling banyak yaitu karena kelalaian manusia dan kebiasaan manusia sehingga kebakaran lahan bisa terjadi.

Saya telah mendapat petunjuk dari Gubernur, Kapolda dan Pangdam dalam menanggulangi Karhutlah di Prov. Sumsel, saat ini saya telah mengambil langkah-langkah awal dalam penanganan Karhutlah :

  1. Mendirikan Posko Karhutlah di Makorem 044/Gapo.
  2. Membentuk Sub-Sub Satgas di daerah yang melibatkan Babinsa, Babinkamtibmas dan Perangkat desa dengan metode pagar betis dalam penanganan Karhutlah di wilayah.
  3. Memerintahkan Babinkamtibmas dan Babinsa serta  Perangkat desa untuk mensosialisasikan bahaya dari Karhutlah agar para petani tidak membakar lahan saat melakukan pembukaan lahan.
  4. Saya telah menyiapkan personel sebanyak 3.000 orang dengan diberi pelatihan dan peralatan untuk menangani Kebakatan Hutan dan Lahan di Prov. Sumsel. karena di Prov. Sumsel ada 1.200 hektar lahan gambut yang rawan untuk terjadinya kebakaran.

Saya mengajak semua yang hadir disini untuk mendukung kegiatan penanganan Karhutlah di Prov. Sumsel secara maksimal dan bekerja keras sehingga kebakaran lahan bisa di tangani dengan cepat dan potensi terjadinya karhutlah bisa kita tekan, selalu diingat dampak dari Karhutla bisa sangat besar sehingga karhutlah ini perlu menjadi perhatian kita semua,”Pungkas nya

Total Views: 332 ,

Related posts

Leave a Comment