Learning By Teaching Ala Prajurit Remaja Yonbekpal 2 Mar

Surabaya, PW: Sebagai salah satu satuan pelaksana operasional Resimen Bantuan Tempur Korps Marinir yang berkemampuan untuk melaksanakan operasi militer baik dalam bentuk unsur Bantuan Tempur (Banpur) maupun Bantuan Administrasi (Banmin), Batalyon Perbekalan dan Peralatan 2 Marinir (Yonbekpal 2 Mar) terus berkomitmen meningkatkan kemampuan dan keterampilan para prajuritnya. Seperti halnya kali ini mereka melaksanakan kegiatan Learning By Teaching di ruang Serbaguna Yonbekpal 2 Mar, Kesatrian Soetedi Senaputra, Karangpilang, Surabaya. Kamis (25/06/2020).

Tidak hanya mengasah kemampuan prajuritnya melalui latihan sesuai dengan program yang telah ditentukan, namun satuan dibawah kendali Letkol Marinir Ari Eko Daryanto, M.Tr.Hanla inipun berupaya untuk meningkatkan sekaligus merangsang kesadaran belajar prajuritnya melalui kegiatan belajar malam khususnya bagi prajurit remaja di satuannya.

Kegiatan ini dimulai sebelum apel malam dilaksanakan, adapun materi yang diajarkan adalah ilmu kesenjataan dimasing-masing Kompi, dimana tenaga pengajarnya adalah para prajurit remaja itu sendiri yang memiliki kualifikasi serta sudah mengenyam pendidikan kejuruan di Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar).

Lebih lanjut, Danyonbekpal 2 Mar mengatakan “Intinya kemampuan serta SDM prajurit yang ada di satuan kita optimalkan. Inilah yang kita sebut belajar dengan mengajar Learning By Teaching, pasalnya di saat kita mengajarkan sesuatu kepada orang lain tanpa disadari kita juga belajar. Tidak hanya mengeksplor dan mereview semata, namun sejatinya metode itu juga mengevaluasi pengetahuan yang mungkin telah lama terpendam maupun tersimpan dalam memori otak kita.”

Mari jadikan budaya belajar dan berlatih ini sebagai suatu kebutuhan bagi prajurit, dalam rangka mewujudkan satuan Yonbekpal 2 Mar yang handal dan profesional. “Ingat prajurit yang hebat adalah prajurit yang memiliki semangat untuk belajar dan berlatih,” tegas putra kelahiran kota Sukoharjo ini.
(yosafat RH)

Total Views: 537 ,

Related posts

Leave a Comment