Prajurit Yonmarhanlan XII Mengikuti Komsos Penerapan New Normal

Mempawah, PW: Segenap Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan XII) Pontianak bersama jajaran Forkopimda mengikuti kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) Fase New Normal bertempat di Makodim 1201/Mpw Jl. R. Kusno Desa Terusan Kec. Mempawah Hilir Kab. Mempawah – Kalbar, Kamis (18/06/2020).

“Pernyataan Presiden Joko Widodo harus dipahami bahwa kehidupan bangsa Indonesia kini sudah pasti berubah untuk mengatasi resiko pandemi Covid-19,” merupakan petikan sambutan yang disampaikan oleh Dandim 1201/Mpw Letkol Inf Mahmuddin Abdullah saat membuka kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mengangkat sebuah tema “Memperkuat Sinergitas Untuk Membangun Bangsa”.

Kegiatan Komunikasi Sosial kali ini merupakan bentuk silaturahmi dan ujud sinergitas jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Mempawah dalam rangka penyeragaman agenda serta menselaraskan pemahaman terhadap penanganan permasalahan yang saat ini menjadi pembicaraan publik di belahan dunia yaitu pandemi global Corona Virus Desease (Covid-19), hingga strategi kesiapan wilayah guna menyambut kebijakan pemerintah yang akan menerapkan kenormalan kehidupan baru atau new normal di masyarakat.

Dalam sambutannya Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan XII) Pontianak Letkol Marinir Sofian Cahyo Utomo, M.Tr.Opsla., menjelaskan bahwa keberadaan Yonmarhanlan XII di Kabupaten Mempawah merupakan Batalyon Kesatuan taktis dasar dari kekuatan tempur Pasmar 1 Korps Marinir TNI Angkatan Laut, dimana dalam tupoksinya yaitu melaksanakan tugas penyelenggarakan pertahanan pangkalan TNI AL, membina kemampuan prajurit melalui latihan-latihan yang diselenggarakan sesuai dengan sistem pembinaan latihan Korps Marinir serta melaksanakan tugas lainnya yang diperintahkan oleh Lantamal XII.

“Tugas lain yang sudah dilaksanakan para orajurit Yonmarhanlan XII diantaranya memberikan perbantuan kepada pemerintah daerah yaitu terlibat dalam gugus tugas percepatan penanganan penyebaran Covid-19, sosialisasi protokol kesehatan, pendisiplinan tahapan kehidupan baru, penyemprotan desinfektan, pengamanan rapid test serta pembagian paket sembako terhadap warga yang terdampak Covid-19, serta kesiapan dalam mengawal kebijakan pemerintah yaitu penerapan tatanan dan kebiasaan yang baru berbasis pada adaptasi untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat”, pungkas Danyonmarhanlan XII.

Total Views: 2000 ,

Related posts

Leave a Comment