Danlantamal X : Keseragaman Dan Kekompakan Dapat Terwujud Jika Setiap Personel Disiplin

Jayapura, PW: Setelah pelaksanaan apel pagi, Komandan Lantamal X, Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika memimpin langsung latihan PBB berpedang untuk perwira serta defile prajurit dan PNS Lantamal X di lapangan Apel Mako Lantamal X. Senin, (15/06/2020).

Dengan diiringi musik oleh Korsik Satsik Lantamal X, pelaksanaan PPB devile di bagi menjadi 5 pleton pasukan defile, yakni 1 pleton perwira, 1 pleton ton Mako Lantamal X, 1 pleton Yonmarhanlan X, 1 pleton PNS pria dan 1 pleton PNS wanita Lantamal X.

Kegiatan ini, menurut Komandan Lantamal X adalah sebagai salah satu cara dalam meningkatkan kekompakan serta kedisiplinan personel. Dengan PBB, kedisiplinan dan kepatuhan dalam menjalankan perintah satu komando juga merupakan cerminan keberhasilan pembinaan satuan.

”Keseragaman, kekompakan gerak dan langkah setiap individu serta kelompok di tingkat pleton maupun kompi dapat terlihat dalam PBB dan defile.”, terang Komandan Lantamal X.

Menurutnya pula, kekompakan dan keseragaman dalam PBB merupakan salah satu tolak ukur profesionalisme prajurit dalam kedinasan sehari-hari. Dengan mematuhi perintah dan sigap menjalankannya, antar individu di setiap kelompok, menghasilkan suatu kesatuan pola keseragaman, sehingga mewujudkan gerak langkah yang apik.

”Dan itu juga dapat diaplikasikan dalam kedinasan sehari-hari, satu prajurit melakukan kesalahan dapat merusak keseragaman Kesatuan, atau satu orang melaksanakan dengan baik dan benar namun yang lain tidak serius, maka pembinaan satuan bisa dikatakan tidak berhasil.”, ujarnya.

”Maka dari itu PBB dan defile mengajarkan kita keseragaman dan kekompakan, dan semua itu dapat terwujud jika setiap personel disiplin dan patuh menjalankan setiap perintah pimpinan.”, lanjutnya.

Diakhir melaksanakan latihan defile sebanyak 2 kali, Komandan Lantamal X menilai pelaksanaan latihan bagus meskipun ada beberapa koreksi.

”Pelaksanaan latihan ini cukup bagus. Kedepan latihan PBB dan defile ini supaya lebih ditingkatkan lagi.”, pungkasnya.

Total Views: 260 ,

Related posts

Leave a Comment