Prajurit Batalyon Zeni 2 Marinir Cek Kelayakan dan Kondisi Tehnis Bangunan

Surabaya, PW: Beberapa fasilitas gedung yang digunakan di lingkungan Pasmar 2 surabaya adalah bangunan lama. Cuaca, iklim dan kondisi tanah serta penambahan beban saat renovasi sangat berpengaruh terhadap kekuatan suatu bangunan. Prajurit Batalyon Zeni 2 Mar, sebagai prajurit yang memiliki kemampuan di bidang konstruksi sebagai salah satu fungsi yang dimiliki satuan Zeni, melaksanakan pengecekan kondisi tehnis beberapa bangunan yang berada di Ksatrian Soetedi Senaputra, Karangpilang,Surabaya. Kamis(11/06/2020).

Pekerjaan dilakukan oleh prajurit Yon Zeni 2 Marinir diawali dengan pengamatan secara visual untuk mengetahui Indikasi awal ada atau tidaknya kerusakan, dimana hal-hal yang menunjukkan kemungkinan adanya kerusakan seperti adanya kemiringan suatu bangunan, keretakan, lendutan, korosi dan lain-lain. Setelah itu dilakukan pengujian lebih lanjut.

Saat ditemui di ruang kerjanya Danyonzeni 2 Marinir Letkol Marinir I Nyoman Polih lP, M. Tr. Opsla mengatakan tujuan diadakan kegiatan ini untuk memastikan bangunan gedung dalam kondisi yang baik dan memenuhi kriteria teknis bangunan yang layak baik dari segi mutu, kenyamanan sehingga aman dan dapat digunakan sesuai dengan fungsinya. Selain untuk tujuan mendapatkan informasi tentang kondisi tehnis bangunan, kegiatan ini juga untuk memastikan terpeliharanya kemampuan prajurit zeni untuk melaksanakan salah satu fungsinya dalam bidang konstruksi bangunan.

“Hasil dari pengecekan ini nantinya akan menentukan bangunan tersebut masih layak fungsi atau tidak, salah satunya sebagai saran masukan kepada pimpinan dalam memberikan informasi penurunan nilai suatu bangunan untuk menentukan prioritas perbaikan, perkuatan atau renovasi, bahkan apabila tidak bisa dipertahankan dan tidak dimungkinkan dilakukan perkuatan pada bangunan tersebut, maka struktur bangunan yang dikatagorikan tidak layak fungsi harus dirobohkan.” ujar Danyonzeni 2 Mar.
“Yudha Karya Dharma”
(yosafat RH)

Total Views: 221 ,

Related posts

Leave a Comment