Prajurit Yonkomlek 2 Mar Latihan Kirim Terima Berita Menggunakan Isyarat Semaphore dan Telegrafis

Surabaya, PW: Komandan Batalyon Komunikasi dan Elektronika 2 Marinir (Danyon Komlek 2 Mar) Letkol Mar Rizal Ikqwan Nusofa S.H.,M.Tr.Hanla mengatakan bahwa Latihan prosedur komunikasi dengan isyarat semaphore dan telegrafis tersebut dilaksanakan agar kemampuan para prajurit Yonkomlek 2 Mar dapat terus meningkat terutama untuk bekal di daerah latihan dan penugasan. Jum’at (05/06/2020)

Di lapangan, Semaphore merupakan alat komunikasi jenis visual jarak pendek yang digunakan hampir seluruh personil di dunia baik di kalangan sipil maupun militer. Karena jarak pendek setiap pengirim dan penerima tidak terhalang dalam penglihatan, pengiriman bisa menggunakan bendera atau dengan sarung tangan.

Secara taktis pengiriman sandi melalui bendera semaphore yang dilaksanakan Prajurit Yonkomlek 2 Mar menggunakan dua bendera yang masing-masing bendera berukuran 45 cm x 45 cm. Bentuk bendera persegi merupakan penggabungan dua buah segitiga sama kaki yang berbeda warna.

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Yonkomlek 2 Mar berpesan agar seluruh prajurit memanfaatkan waktu waktu luang untuk berlatih kesenjataan sehingga tugas ke depan dapat terlaksana dengan baik, lancar.

“Latihan ini penting, sebagai bentuk mengasah pengetahuan dan kemampuan seluruh prajurit Yonkomlek 2 Mar,” pungkasnya.

Total Views: 172 ,

Related posts

Leave a Comment