Jaga Kesiapan Operasional Rantis KIA, Prajurit Yon Angmor 2 Mar Laksanakan Harwat

Surabaya, PW: Komandan Batalyon Angkutan Bermotor 2 Marinir (Danyon Angmor 2 Mar) Mayor Mar Tulus Novan Hartawan Siagian M.Tr.Opsla melihat langsung praktek perawatan dan pemeliharaan (Harwat) kendaraan taktis KIA KM420 Utility vehicle di Bengkel Yonangmor 2 Mar Kesatrian Soetedi Senaputra, Karang Pilang, Surabaya Jum’at (05/06/2020).

Beberapa alutsista yang dimiliki oleh Korps Marinir memang adalah alutsista lama. Namun hingga sekarang, beberapa alutsista tersebut masih layak pakai, seakan tak tergerus usia, sebut saja KIA kendaraan yang telah menjadi bagian dari Korps Marinir sejak era 2000-an.

Eksistensi kendaraan KIA tak goyah oleh waktu. Selain itu, punya bentuk unik, tampilan depan racikan gaya jip CJ7 namun punya ground clearance yang tak terlalu tinggi. Dan, faktanya KIA KM420 di Indonesia hanya digunakan Korps Marinir TNI AL. Meski masuk kelas rantis, jip ini tidak punya kemampuan lapis baja. Namun, karena kebutuhan operasi dalam mendukung operasi militer di NAD (Nanggroe Aceh Darussalam) saat melawan separatis GAM di periode 2003 – 2004, jip ini pun diterjunkan di medan laga.

“Alutsista lama bukan berarti susah untuk perawatan, kita sebagai prajurit Yon Angmor 2 Mar sudah menjadi kewajiban untuk melaksanakan pemeliharaan dan perawatan kepada setiap kendaraan atau kesenjataan kita sendiri,” ujar Danyon Angmor 2 Mar. “Rata Yudha Bhakti Nagara”

Total Views: 159 ,

Related posts

Leave a Comment