Komandan Kodiklatal Tutup Latsarmil Komcad TA. 2022

Surabaya, PW: Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal), Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono, memimpin Upacara penutupan Latihan Dasar Militer Komponen Cadangan (Latsarmil Komcad) TA. 2022 di Lapangan Ewa Pangalila, Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) Surabaya, Sabtu (27/8).

Sebanyak 500 orang anggota Komponen Cadangan telah mengikuti Latihan Dasar Militer selama 3 bulan di Kodikmar. Selama waktu tersebut, para anggota Komcad mendapat materi pelajaran seperti Dasar-Dasar Kemiliteran, Permildas, PBB, Bela Diri Militer, Menembak, Ilmu Kepemimpinan, dan Ilmu Medan.

Kegiatan ini merupakan salah satu bagian strategi pertahanan negara dan bangsa yang dilaksanakan Indonesia dalam menghadapi perkembangan dinamika lingkungan strategis yakni strategi Sistem Pertahanan Dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata), yang melibatkan pengelolaan seluruh sumber daya nasional.

Sementara itu, dalam amanat Menhan RI Prabowo Subianto yang dibacakan Dankodiklatal, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kesiapan dan kerelaan peserta Latsarmil Komcad yang telah besedia untuk ikut serta menjadi bagian dari Komponen Cadangan, mengingat bela negara bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah atau dalam hal ini Kemhan, TNI dan Polri semata, namun bela negara merupakan tugas dan kewajiban semua warga negara Indonesia.

Lebih lanjut Menhan mengungkapkan bahwa secara geografis, Indonesia memiliki posisi strategis di mana potensi ancaman militer. Atau kemungkinan terjadinya perang konvensional masih mungkin terjadi. Sehingga di perlukan kemampuan negara untuk menata, menyiapkan dan menggunakan segala sumber daya serta sarana prasarana yang dimiliki untuk kepentingan nasional.

Related posts