Peringati HUT KE-75 TNI AL, Danlantamal X Ikuti Upacara Secara Virtual

Jayapura, PW: Bertempat di Ruang Puskodal Mako Lantamal X, Komandan Lantamal X Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., beserta pejabat utama dan perwakilan prajurit serta PNS Mako Lantamal X mengikuti jalannya upacara peringatan HUT Ke-75 TNI Angkatan Laut, 10 September 2020 secara virtual yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dipusatkan di Mabes TNI Angkatan Laut, Cilangkap, Jakarta Timur. Kamis (10/09/2020).

Tema pada peringatan HUT Ke-75 TNI Angkatan Laut tahun ini adalah, “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, Kita Siap Mewujudkan TNI Angkatan Laut Yang Profesional, Modern Dan Tangguh Guna Mendukung Indonesia Maju”. Menurut Laksamana Yudo Margono, S.E., M.M., dalam amanatnya mengatakan bahwa tema tersebut merupakan penjabaran dari kebijakan pemerintah ke dalam pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut.

Dikatakannya pula bahwa kejayaan TNI Angkatan Laut sangat ditentukan oleh sumber daya manusia yang harus memiliki keunggulan karakter dan profesionalisme. Oleh sebab itu, sebagai prajurit pengawal Samudera Nusantara, di pundak kitalah dipercayakan amanah untuk membangun kekuatan TNI Angkatan Laut yang melindungi segenap bangsa serta menjamin kedaulatan dan keamanan negara di laut.

Lebih jauh Kasal berujar bahwa kekuatan Armada kapal perang, pasukan Marinir, pesawat udara dan pangkalan yang terintegrasi dalam Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) merupakan keunggulan khas yang dimiliki TNI Angkatan Laut yang sekaligus menjadi pilar pendukung interoperabilitas Trimatra terpadu TNI.

Pada kesempatan itu, setelah pelaksanaan upacara diadakan pembacaan doa oleh Ustadz Serda M. Khitomudin dilanjutkan pemotongan nasi tumpeng oleh Komandan Lantamal X Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa di hari ulang tahun TNI Angkatan Laut di tahun 2020.

Selanjutnya sepiring nasi tumpeng lengkap dengan potongan ayam ingkung, sayur-mayur dan masakan pelengkap lainnya, oleh Komandan Lantamal X diberikan kepada PNS Perkorus, anggota Disminpers Lantamal X yang merupakan putra daerah Papua, asal Serui.

Dalam sambutannya di depan para prajurit yang hadir, Komandan Lantamal X mengatakan bahwa kita sebagai bagian dari bangsa ini agar senantiasa selalu menjaga TNI, TNI Angkatan Laut sebagai komponen bangsa dari setiap penjuru bangsa ini. Untuk itu jangan sampai kita permalukan bangsa ini melalui TNI, kita harus semakin dewasa dalam menyikapi semua aktivitas kita.

“Kita sebagai pemimpin senantiasa memberikan contoh sikap, tutur kata, tingkah laku menjadi teladan bagi prajurit kita.”, ujar Laksma Yeheskiel.

“Demikian pula saya berharap prajurit kita diajak untuk mampu memperbaiki apabila ada citra-citra tertentu yang mungkin kurang baik yang selama ini dimasyarakat.”, harapnya.

Diakhir sambutannya Komandan Lantamal X mengajak seluruh personil Lantamal X agar senantiasa bersyukur dan berdoa mengharapkan rahmad dari Tuhan Yang Maha Esa.

“Selamat ulang tahun semoga Tuhan memberkati aparat negara yang berkualitas berbobot dan memiliki keluarga yang baik dalam kita berkarir di TNI.”, pungkasnya.

Total Views: 145 ,

Related posts