Prajurit Resimen Kavaleri 2 Marinir Tanam Mangrove

Surabaya, PW: Dalam rangka  Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) Menkav 2 Mar melaksanakan penanaman pohon mangrove di daerah pesisir pantai Semampir, Ujung, Surabaya. Rabu (09/09/2020)

Penanaman mangrove di pesisir pantai kampung Semampir Ujung Surabaya dipilih karena kampung tersebut berdekatan dengan Kesatrian Soepraptono Semarung, dengan harapan agar terjalin hubungan yang baik masyarakat di sekitar Kesatrian sekaligus sebagai upaya pemberdayaan Potensi Maritim.

Tujuan penanaman pohon mangrove adalah berupaya mengembalikan ekosistem laut yang saat ini sudah banyak yang rusak akibat faktor alam serta karena ulah manusia dengan adanya pembalakan dan penebangan pohon bakau secara liar atau dikeranakan alih fungsi pesisir pantai untuk pemukiman penduduk.

Mengingat akan besarnya manfaat hutan bakau sebagai tempat ekosistem biota laut yang memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat khususnya para nelayan sebagai mata pencaharian menangkap ikan, selain itu banyak manfaat hutan mangrove dari bencana angin yaitu penahan angin kencang dan gelombang air laut memberikan perlindungan bagi kampung pesisir pantai.

Total Views: 93 ,

Related posts