PANGDAM XVIII/KASUARI MERESMIKAN KODIM 1807/SORSEL

Sorong Selatan, PW: Pada hari Rabu tanggal 12 Agustus 2020 Pukul 10.00 WIT, Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, S.I.P., M.Si memimpin upacara peresmian Kodim 1807/Sorsel sekaligus melantik Letkol Inf Batara Alex Bulo sebagai Dandim pertama Kodim 1807/Sorsel bertempat di Jln. Poros Teminabuan – Ayamaru Distrik Wayer Kab. Sorong Selatan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Danrem 181/PVT Brigjen TNI Yulius Selvanus, Irdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Steverly C Parengkuan, Asremdam XVIII/KSR Kolonel Inf Pinsensius Manik, Asops Kasdam XVIII/Kasuari Kolonel Inf Lucky Avianto, Kakesdam XVIII/Ksuari Kolonel Ckm dr Azhari Ramdani, Kabekangdam XVIII/Kasuari Kolonel Cba Agus Susanto, Kapaldam XVIII/Kasuari Letkol Cpl Ardiansyah, Aster Kodam XVIII/Kasuari Kolonel Inf Hengky Yuda Setiawan, Aspersdam XVIII/Kasuari Kolonel Inf Nugroho Imam Santoso, Danpomdam XVIII/Kasuari Kolonel Cpm Arsyad Hamdie Bey Anwar, Kakumdam XVIII/Kasuari Kolonel Chk Budhi Mohatma, Wakapendam XVIII/Kasuari Letkol Inf N Ertoto, Waasinteldam XVIII/Kasuari Letkol Inf Mangapul Hutajulu, Kasi Intelrem 181/PVT Letkol Arh. Donny Indiawan, S.IP, Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE, Ketua DPD Kab Sorsel Marhtinus.Maga,S.Sos, Kapolres Sorong Selatan AKBP Sahat Siregar, Ketua beserta pengurus Persit KCK PD XVIII/Kasuari, Ketua beserta pengurus Persit KCK Koorcab Rem 181/PD XVIII/Kasuari.

Kehadiran Kodim 1807/Sorsel jajaran Korem 181/PVT di Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) merupakan langkah strategis bagi pembangunan kekuatan, kemampuan, dan gelar Kodam XVIII/Kasuari, guna memperluas jangkauan pelaksanaan tugas pembinaan teritorial (Binter) dalam pemberdayaan wilayah pertahanan dan membantu tugas pemerintah daerah (Pemda) dalam melaksanakan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Sorsel, sebagaimana amanat UU No. 34 tahun 2004 tentang TNI, terkait pelaksanaan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

”Saya selaku Pangdam XVIII/Kasuari dan pribadi menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Bupati Kabupaten Sorong Selatan, Ketua DPRD, Kepala Suku, tokoh adat, Forkopimda, dan segenap masyarakat yang telah membantu dalam proses penyiapan lahan dan fasilitas perkantoran Markas Kodim Sorsel ini. Selanjutnya pada kesempatan ini pula saya sekaligus melantik Letkol Inf Batara Alex Bulo sebagai Dandim pertama di Kodim 1807/Sorsel, disertai ucapan selamat menjalankan tugas di Kabupaten Sorsel,” ujar Mayjen Ali Hamdan Bogra.

“Maka pada hari yang berbahagia ini saya resmikan berdirinya Kodim 1807/Sorsel, berdasarkan Peraturan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor Kep/352/IV/2020 tanggal 23 April 2020 tentang persetujuan pembentukan satuan baru di jajaran Kodam XVIII/Kasuari, termasuk didalamnya Kodim 1807/Sorsel sebagai bagian dari Korem 181/PVT,” kata orang nomer satu di Kodam XVIII/Kasuari ini.

Pangdam berharap, kehadiran Kodim akan dapat memberikan kontribusi positif dan bersinergi dengan Pemda dalam membantu Bupati selaku kepala daerah melalui forum Forkopimda, guna membangun Kabupaten Sorsel menjadi daerah yang aman, lebih maju dan sejahtera di masa yang akan datang.

“Harapan saya kepada para Prajurit Kodim 1807/Sorsel sebagai insan teritorial dalam pelaksanaan tugasnya ke depan adalah tingkatkan iman dan taqwa kalian kepada Tuhan Yang Maha Esa, pedomani Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI, jaga kesehatan melalui pembinaan fisik, serta bangun semangat, jiwa korsa, dan kerjasama tim yang solid. Segeralah beradaptasi dengan lingkungan tugas yang baru dan laksanakan tugas Binter dengan mengedepankan pendekatan persuasif dan humanis serta menghargai kearifan lokal masyarakat,” pesannya.

“Jalin kerjasama dan sinergitas dengan Forkopimda, tokoh adat, tokoh agama, dan segenap komponen masyarakat lainnya. Lakukan pembenahan pangkalan secara bertahap, kembangkan innovasi dan kreatifitas dengan tulus dan ikhlas bagi kemajuan Kodim 1807/Sorsel yang kita cintai,” sambung Pangdam XVIII/Kasuari.

Acara yg berlangsung dengan sederhana namun khidmat ini diwarnai dengan penandatanganan prasasti dan pembukaan selubung papan nama Kodim 1807/Sorsel. Dilanjutkan penerimaan 1 unit mobil SUV sumbangan dari Bupati Sorsel kepada Pangdam yang diserahkan kepada Dandim 1807/Sorsel untuk operasional Kodim. (Penrem 181/PVT)

Total Views: 288 ,

Related posts