Bersama Forkopimcam, Bati Tuud Koramil Lakukan Pendampingan Verifikasi ODF

MAGELANG – PW : Dinas Kesehatan Pemkab Magelang, Jawa Tengah, melakukan verifikasi kampung ODF (Open Defecation Free) di Desa Kalibening, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (4/8/202).

Dalam verifikasi ODF tersebut, didamingi langsung Danramil 15/Dukun yang diwakili oleh Bati Tuud, Pelda Eka Widiyanta.

Selain dari Koramil, juga turut hadir mendampingi yakni Camat Dukun Amin Sudrajad, Kapolsek Dukun Iptu Suyanto, SH, Kepala Desa Kalibiru Nurbiyanto dan Bhabinkamtibmas Bripka Linggar.

Yang menjadi teka-teki, gerangan apa ODF?

Dalam dunia kesehatan, ODF salah kondisi dimana setiap individu tidak buang air besar sembarangan, termasuk di sungai untuk mewujudkan lingkungan masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat (BHS).

“Intinya, tim verifikasi ODF ini untuk memastikan di lingkungan tersebut masyarakat stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum rumah tangga, pengelolaan sampah dan pengelolaan air limbah rumah tangga,” timpal Bati Tuud Koramil 15/Dukun, Pelda Eka Widiyanta.

Sementara itu, Camat Dukun Amin Sudrajad mengatakan, jajaran Forkopimcam ikut bersama-sama tim verifikasi berkunjung door to door sekaligus melihat langsung fasilitas jamban sehat milik warga dan memastikan di wilayah tersebut sudah tidak ada menggunakan jamban cemplung yang tidak sehat.

“Tujuannya, untuk mewujudkan kampung sehat melalui jamban sehat,” ujat Amin Sudrajad.

Siti Aisyah, A.Md.KL tim verifikasi dari Dinas Kesehatan Magelang menyambut baik keberadaan warga Desa Kalibiru yang sudah beralih menggunakan jamban sehat. Hal itu dibuktikan dari hasil verifikasi yang dilakukan melalui door to door, hasilnya 100 persen warga sydah meninggalkan jamban cemplung. (Muis)

Total Views: 1222 ,

Related posts