Entry Briefing Danlantamal XII Pontianak Kolonel Marinir Andi Rukman

Pontianak – PW: Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut XII (Danlantamal XII) Pontianak, Kolonel Marinir Andi Rukman, didampingi Ketua Jalasenastri Korcab XII Daerah Jalasenastri Armada (DJA) I, Ny. Noni Andi Rukmana, bertempat di Mako Lantamal XII Wajok Kec. Siantan Kab. Mempawah dilaksanakan Entry Briefing yang diikuti seluruh Prajurit Lantamal XII, Prajurit Yonmarhanlan XII Mempawah dan Pengurus Jalasenastri. Senin (03/08/2020)

Sebelum melaksanakan Entry Briefing, sebagai Komandan Lantamal XII yang baru Kolonel Marinir Andi Rukman disambut dengan Upacara Jajar Kehormatan / Palrip, Prajurit Lantamal XII yang merupakan Peraturan Dinas Dalam (PDD) Khas TNI AL, dan dilanjutkan dengan laporan situasi Mako Lantamal XII Wajok oleh Dandema Lantamal XII Letkol Laut (PM) Sugeng Subagyo, S.Sos. Selanjutnya pengalungan bunga kepada Danlantamal XII dan penyerahan handbouquet kepada Ketua Jalasenanstri Korcab XII DAJ I Jalasenastri oleh Afatar Gibran dan Afifah, keduanya merupakan Murid TK Hang Tuah Lantamal XII Pontianak, selain itu juga orang tua kedua anak tersebut sebagai Prajurit TNI AL.

Kemudian Danlantamal XII beserta Ketua Jalasenanstri Korcab XII DAJ I Jalasenastri, didamping Wadan Lantamal XII Kolonel Marinir Bambang Hadi Suseno. S.E., berjalan menuju Lobby Utama Mako Lantamal XII Wajok diiringi Lagu “Slamat Datang Pahlawan Muda” yang dinyanyikan seluruh Prajurit Lantamal XII, dan disambut dengan Tarian Tepung Tawar, merupakan Tarian Adat penyambutan Tamu Khas Dayak Kalimantan Barat. Acara dilanjutkan dengan penyerahan Kemudi Kapal sebagai simbol penyerahan tampuk pimpinan dari pejabat lama kepada pejabat baru.

“Keberadaan saya disini merupakan kebahagian tersendiri bagi saya, karena dipercaya pimpinan TNI AL, untuk kembali berdinas di Lantamal XII. Pertama sebagai Wadan Lantamal, pada saat peralihan dari Lanal menjadi Lantamal dan sekarang kemudian saat ini dipercaya sebagai Komandan Lantamal XII,“ Demikian ucap Danlantamal XII Kolonel Marinir Andi Rukman, saat membuka entry briefing dihadapan seluruh prajurit Lantamal XII di Lobby Utama Mako Lantamal XII Wajok.

Selain itu juga meminta kepada seluruh Prajurit dan PNS Lantamal XII untuk mendukung dalam melanjutkan pembangunan Lantamal XII, agar lebih berkualitas lebih baik sesuai dengan keinginan pimpinan TNI AL. Hal ini karena tanpa dukungan dari seluruh Prajurit Lantamal XII tiduk mungkin dapat terwujud. Siapapun yang memimpin kalau didukung oleh seluruih Prajurit dan PNS termasuk ibu Jalasenastri pasti tercapai. Tidak ada pekerjaan yang tidak dapat dikerjakan kalau kita saling bekerja sama dan saling bahu membahu pasti berhasil. Ibarat jika Seorang Kapten menjabat Danlantamal jika didukung semua Prajurit pasti bisa, namun sebaliknya walaupun seorang Laksamana Bintang Empat sebagai Komandan Lantamal jika tidak didukung pasti tidak akan tercapai. Itu sebabnya suatu organisasi akan berjalan baik jika berjalan bersamna sama, bukan secara perorangan. Selain dukungan seluruh Prajurit, Danlantamal juga mengharapkan adanya ide-ide positif yang lebih baik, serta mengharapkan untuk bekerja keras, ikhlas, dan berpikir positif, jangan ada yang saling curiga, harus bekerja sesuai tugas dan tanggungjawab kita. “ Demikian ungkap Danlantamal XII.

Adapun beberapa penekanan yang disampaikan Danlantamal XII dalam Entry Briefing tersebut yaitu Pertama; Memelihara dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME, sebagai landasan moral dalam melaksanakan tugas berkehidupan bermasyarakat dan dalam mengabdi kepada nusa dan bangsa. Kedua: Tingkatkan kualitas diri kita sebagai prajurit yang profesional dengan berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit, 8 Wajib TNI, Trisila TNI AL dan Panca Prasetia Korpi dalam melaksanakan Tugas. Ketiga; Laksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab sesuai bidang masing masing, dan tingkatkan kreatif dan inovatif dan tetap berprinsip setiap melaksanakan kegiatan kita harus bersyukur berpikir positif. Keempat; Tingkatkan kopetensi personel dengan menjaga ketrampilan prajurit. Kelima; Jaga diri dan keluarga dalam ketrlibatan dalam tindakan tindakan yang bertentangan dengan hukum, baik Narkoba dan lain sebagainya. Aturan sudah jelas apabila melanggar dan benar benar dinyatakan salah, copot atau BTDH. Keenam; Patuhi Protokol Kesehatan jaga kondisi kesehatan termasuk keluarga, dalam menghadapi tatanan kehidupan normal yang baru atau “New Normal” di masa pandemic ini. Kita sebagai TNI berkewajiban mendukung program pemerintah yang sampai saat ini masih Fokus terhadap Covid-19, jangan sampai kita mengabaikan aturan aturan yang telah di tetapkan. Demikian Danlantamal mengakhiri Entry Briefing kepada seluruh Prajurit Lantamal XII. “Ksatria Jala Khatulsitiwa”

Total Views: 1864 ,

Related posts