Casis Diktukba TNI AL Angkatan 51Laksanakan Tes Kesehatan di Kodiklatal

Mengawali pelaksanaan Seleksi Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) TNI AL Angkatan ke-51 tahun 2020, sebanyak 135 Prajurit Strata Tamtama dari berbagai Komando Utama (Kotama) TNI Angkatan Laut  yang juga calon siswa (Casis)  Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) TNI AL Angkatan ke-51 tahun 2020  melaksanakan tes  Kesehatan yang dilaksanakan di Satuan Kesehatan (Satkes) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan laut (Kodiklatal) Surabaya, Selasa,(28/7).

Menurut Kepala Satuan Kesehatan Kodiklatal Letkol Laut (K) dr. Iwan Sutanto, S.P., OT., M.Tr Hanla bahwa seleksi kesehatan tersebut  terbagi dalam beberapa gelombang. Untuk gelombang pertama ini dirinya menyeleksi 135 orang prajurit.

Adapun pemeriksaan di Satkes Kodiklatal ini lanjutnya, meliputi pemeriksaan luar berupa pemeriksaan fisik dan pemeriksaan dalam. Adapun pemeriksaan luar atau fisik meliputi tinggi dan berat badan, pemeriksaan gigi dan mulut, pemeriksaan mata, kulit dan telinga.

Sedangkan pemeriksaan bagian dalam meliputi, jantung, paru-paru berikut organ lainnya, pemeriksaan darah dan pemeriksaan urine.

“Sebelum menjalani Pemeriksaan di Satkes Kodiklatal para Casis telah  membawa surat Status Kesehatan (Stakes) dari Kotama asal yang berisi Kondisi Stakes Casis terakhir. Dalam seleksi ini surat Stakes dari Kotama sebagai pembanding sebelum diputuskanya laik tidaknya mengikuti pendidikan,” terangnya.

Selain tes Kesehatan para casis tersebut juga melaksanakan tes  Kesamaptaan Jasmani, akademik umum, mental idiologi, sedangkan materi tes psikologi dan kesehatan jiwa digelar di Dinas Psikologi Angkatan Laut (Dispsial), Juanda.

Total Views: 165 ,

Related posts