Laksanakan TMMD Prajurit Yonmarhanlan XII Bangun Desa Tertinggal

Bengkayang, PW: Dalam rangka membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah pedesaan, segenap prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan XII (Yonmarhanlan XII) Pontianak bersama unsur TNI melaksanakan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 108 tahun 2020, bertempat di Desa Danti Kec. Sanggau Ledo Kab. Bengkayang Kalimantan Barat. Minggu (26/07/2020).

Penyelenggaraan TMMD Reguler ke-108 dilaksanakan di wilayah kerja Komando Daerah Militer XII (Kodam XII) Tanjungpura bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Barat meliputi Kodim 1014/Pbn di Desa Bangun Jaya, Kecamatan Balai Riam, Kabupaten Sukamara, Kodim 1202/Skw dilaksanakan di Desa Danti dan Desa Gua, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, dan Kodim 1203/Ktp di Desa Beringin Rayo, Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang. Sedangkan unsur yang terlibat dalam kegiatan tersebut antara lain Yonif 645 Sambas, Yonif Zipur 02 Anjungan, Kodim 1202 Singkawang, Lantamal XII, Yonmarhanlan XII Pontianak dan Lanud Hari Hadisoemantri (AURI) Sanggau Ledo.

Keterlibatan prajurit “Jaguar Yudha Khatulistiwa” Yonmarhanlan XII dalam TMMD ini  merupakan bentuk dukungan terhadap program dari TNI dalam rangka mewujudkan ruang juang, alat juang, dan kondisi juang, guna menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat yang kuat. Serta membantu program pemerintah daerah dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat.

Adapun sasaran pembangunan kali ini tertuju pada desa tertinggal, terpencil dan diperbatasan. Namun secara keseluruhan TMMD tahun 2020 terbagi dalam dua kegiatan yaitu fisik dan nonfisik, fokus utama pada pembangunan fisik berupa infrastruktur jalan dan sarana kepentingan umum lainnya sementara non fisik yaitu disesuaikan dengan protokol kesehatan berupa sosialisasi bahaya penyebaran  COVID-19 serta pencegahan dan penanganannya.

Sedangkan kegiatan fisik saat ini yang dikerjakan oleh prajurit Yonmarhanlan XII yaitu pembangunan jembatan di Desa Danti Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang. Pada kesempatan lain Serda Mar Dika Akmal selaku tertua dari tim Satgas Marinir melaksanakan kegiatan nonfisik berupa sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat terhadap pandemi Corona Virus Desease (Covid-19).

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat desa, mari kita bersama-sama, bahu-membahu, bergotong-royong untuk mensukseskan pelaksanaan program pemerintah termasuk penerapan tatanan kehidupan baru, tak lupa saya ucapkan terimaksih kepada warga Desa Danti atas respon positif dan antusiasnya menyambut program TMMD ke-108 termasuk bersedia menerima kehadiran prajurit untuk tinggal di rumah warga,” ujar Serda Mar Dika Akmal.

Total Views: 280 ,

Related posts