DANLANTAMAL XIII BUKA KEGIATAN BINTAL JUANG REMAJA BAHARI TAHUN 2020

TARAKAN – PW: Pada pukul 07.15 Wita Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XIII Tarakan Laksamana Pertama TNI Haris Bima Bayuseto, S.E., M.Si. bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) membuka secara resmi Kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) Tahun 2020 yang berlangsung di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lantamal XIII, Jln. Sei Ngingitan, Kelurahan Mamburungan, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Senin (20/07/20).

Diikuti oleh 30 siswa-siswi SMA/SMK se Tarakan, Upacara Pembukaan BJRB Tahun 2020 kali ini mengambil tema “ Melalui Bintal Juang Remaja Bahari, kita ciptakan generasi muda yang ulet, tangguh, rela berkorban dan cinta bahari yang sadar tentang protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19”

Kegiatan BJRB direncanakan akan berlangsung selama dua hari yang dimulai pada hari senin tanggal 20 Juli s.d Selasa 21 Juli 2020. Dalam sambutannya Danlantamal XIII menyampaikan beberapa hal diantaranya terkait tugas pokok Lantamal XIII yaitu Pemberdayaan wilayah pertahanan laut menjadi kekuatan pertahanan negara di laut (Diwilhanla), dengan adanya tugas pokok dawilhanla tersebut Lantamal XIII melalui Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) bertanggung jawab melaksanakan pembinaan potensi nasional kekuatan maritim, menyelenggarakan kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB). Tema BJRB kali ini merupakan momentum bagi Indonesia untuk mengembalikan kejayaan di laut dan samudera sehingga jalesveva Jayamahe yang merupakan semboyan nenek moyang kita dimasa lalu kembali membahana.

Pada kesempatan tersebut, Danlantamal XIII juga menyampaikan bahwa “sebagai wadah pembinaan BJRB sangat tepat untuk dilaksanakan bagi generasi pelajar penerus cita-cita bangsa karena materi pembinaan diorientasikan pada pembentukan mental dan sikap bela negara, cinta tanah air dan nasionalisme, kedisiplinan, latihan kepemimpinan, peningkatan mental ideologi kejuangan jasmani, menanamkan jiwa kebaharian dan kemaritiman pencegahan kenakalan remaja serta penyalahgunaan narkotika, pengabdian terhadap bangsa dan negara dengan melaksanakan nilai-nilai luhur Pancasila dengan harapan agar generasi muda penerus bangsa dapat meningkatkan akhlak, etika, budi pekerti, disiplin serta semangat juang yang tinggi”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, para Asisten Danlantamal XIII, para Kadis/Kasatker, para Perwira Staf Lantamal XIII, Kepala Sekolah SMA Hang Tuah Tarakan, Kepala Sekolah SMK Maritim Tarakan, Kepala Sekolah SMK 3 Tarakan, Kepala Sekolah SMA 1 Tarakan serta Kepala Sekolah SMA 2 Tarakan.

Total Views: 98 ,

Related posts