Satgas Pamtas Yonif 623/BWU Rutin Mengecek Kendaraan Pelintas Batas

Sebatik – PW; Personel Pos Aji Kuning Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 623/BWU melakukan pemeriksaan rutin terhadap pelintas batas yang melewati wilayah Desa Aji Kuning, Kec. Sebatik Tengah, Kab. Nunukan, Kaltara (23/6/2020).

Pos Aji Kuning jalur penghubung antar kedua Negara yaitu Indonesia dan Malaysia, merupakan salah satu jalan yang cukup strategis untuk dilalui, tak jarang jalur ini kerap dilintasi kendaraan roda empat maupun roda dua serta warga Negara lain.

“Pelaksanaan kegiatan ini untuk menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di wilayah perbatasan khususnya di Pos Aji Kuning yang sangat dekat dengan perbatasan Malaysia hanya dipisahkan oleh parit,”ungkap Kapten Inf Salin selaku Danpos.

“Kegiatan pemeriksaan rutin terhadap pelintas batas ini di pimpin oleh Sertu Bima Adhi Wicaksana beserta 3 anggota,”terangnya.

“Personel kami saat itu melaksanakan pemeriksaan rutin terhadap kendaraan yang melintas di jalan Desa Aji Kuning Kecamatan Sebatik Tengah Kabupaten Nunukan, Kaltara,”ucap Danpos

“Setiap kendaraan yang melintas di jalan pemeriksaan dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku yang dimulai dari depan, bawah, atas, dalam dan belakang kendaraan,”paparnya.

“Pemeriksaan rutin yang dilaksanakan dalam rangka mencegah penyeludupan barang-barang ilegal yang di bawa melalui jalur perlintasan Pos Aji Kuning dan TKI Ilegal sehingga dapat merugikan Negara”imbuh Danpos Kapten Inf Salim.

“Pemeriksaan di fokuskan pada identitas diri, kelengkapan surat kendaraan serta barang-barang yang dibawah oleh pengendara,”tambahnya.

Sementara itu Bapak Iwan (41) salah seorang supir yang diperiksa kendaraannya warga Desa Sungai Pancang Kecamatan Sebatik Utara Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara memberikan apresiasi positif atas kegiatan pemeriksaan rutin yang dilaksanakan oleh personel Satgas Pamtas Yonif 623/BWU.

“Hal ini sangat baik dilakukan demi mencegah terjadinya penyeludupan barang-barang terlarang dan untuk Bapak TNI saya mengucapkan terima kasih,”ucapnya.

“Kegiatan ini merupakan suatu wujud kepedulian, mari kita saling menjaga Negara kita demi terciptanya keamanan,”tambahnya.

Sertu Bima Adhi Wicaksana Selaku Wadanpos Aji Kuning menyampaikan tanggapannya atas kegiatan rutin pemeriksaan kendaraan yang dilakukan oleh personel posnya.

“Kegiatan pengecekan ini merupakan suatu tugas pokok tambahan yang harus dilakukan oleh Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 623/BWU dalam mendukung tugas sebagai Satgas Pamtas RI-MLY di Kalimantan Utara,”ungkap Sertu Bima.

“Kegiatan ini telah menjadi bagian dari tugas kami, kehadiran kami di perbatasan untuk menjaga dan mengamankan warga masyarakat demi terciptanya suasana aman dan nyaman,”pungkasnya.(Mk-95).

Total Views: 143 ,

Related posts

Leave a Comment