Pos Gabma Simanggaris Satgas Pamtas Yonif 623/BWU Cek Kendaraan Yang Melintas di Jalan Trans Kalimantan

Sekaduyan Taka – PW – Secara intens personel Pos Gabma Simanggaris Satgas Pamtas Yonif 623/BWU, dipimpin oleh Sertu Arif Samsul Huda bersama 3 anggotanya laksanakan pemeriksaan kendaraan untuk mencegah terjadinya kegiatan penyelundupan barang-barang terlarang di Jalan Trans Kalimantan, Kec. Simanggaris, Kab. Nunukan, Kaltara, Rabu (17/6/2020).

Kegiatan pemeriksaan kendaraan tidak hanya mencegah masuknya barang terlarang dan ilegal, akan tetapi dalam rangka mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif sehingga memberikan rasa aman bagi masyarakat, khususnya warga Desa Sekaduyan Taka binaan Pos Gabma Simanggaris Satgas Pamtas Yonif 623/BWU.

Hal ini disampaikan Komandan Kompi SSK 2 Satgas Pamtas Yonif 623/BWU, Kapten Inf Yunior Noldi Mentahang kegiatan ini sebagai upaya mencegah tindakan pelanggaran hukum seperti pelintas ilegal dan penyelundupan,”terangnya.

“Daerah perbatasan sering dimanfaatkan oleh pelaku-pelaku penyelundupan dalam mencari keuntungan pribadi. Untuk mengelabui petugas dan menghindari pemeriksaan kelengkapan dokumen, mereka sering memanfaatkan jalur-jalur perjalanan tidak resmi yang ada di desa-desa,”ungkap Kapten Noldi.

“Adapun barang-barang yang bisa diselundupkan seperti bahan bakar minyak (BBM), narkoba, minuman beralkohol/minuman keras, sembako, hewan ternak hingga kendaraan,”tambahnya.

Untuk mencegah tindakan seperti ini, Pos Gabma Simanggaris yang dipimpin Sertu Samsul Arif Huda beserta 3 orang anggotanya melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang melintas.

Lebih lanjut Arif menyampaikan pemeriksaan mulai dari luar hingga kedalam mobil serts identitas pengemudi saat melintas tidak luput dari pemeriksaan.

Pengemudi Sopir Travel saat diperiksa anggota satgas, Bapak Rusmin (36) mengatakan, sebagai masyarakat ia mendukung upaya dari aparat keamanan dalam rangka menjamin situasi keamanan dan ketertiban masyarakat. Diharapkan kepada aparat keamanan agar saat pemeriksaan perlu menyampaikan penjelasan kepada masyarakat terkait tujuan dari pemeriksaan sehingga masyarakat tidak menaruh curiga yang berlebihan.

Rusmin menyampaikan ucapan terima kasih kepada personel Satgas Pamtas yang telah menciptakan suasana aman dan tertib di tengah masyarakat. Kegiatan seperti ini mesti sering dilakukan mengingat Desa Sekaduyan Taka merupakan daerah yang dekat dengan tapal batas negara.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif 623/BWU atas kegiatan ini. Bagi kami keberadaan tidak hanya memberi rasa aman tetapi bapak TNI yang berada di perbatasan juga selalu membantu kesulitan warga masyarakat”, ungkapnya.(Mk-95).

Total Views: 131 ,

Related posts

Leave a Comment