Budidaya Ikan Lele Solusi Penuhi Ketahanan Pangan, Wadan Lantamal X Apresiasi Prajurit Satrol

Jayapura, Jumat (12/06/2020) – PW: Banyak cara dan usaha yang dilakukan warga masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan disaat pademi Covid-19 saat ini. Salah satunya dengan memelihara ikan lele, seperti yang dilakukan oleh para prajurit Satrol Lantamal X.

Dengan memanfaatkan papan bekas sudah tidak terpakai dan dialasi dengan kain terpal dan sedikit inovasi, kolam lele siap untuk ditanami bibit lele. Dalam usaha memenuhi ketahanan pangan ini, Prajurit Satrol Lantamal X di bawah kepemimpinan Komandan Satrol Lantamal X Kolonel Laut (P) Dian Tri Hutanto, S. Kel., M.M., menanam sebanyak 500 ekor bibit lele yang ditempatkan di halaman belakang Mako Satrol.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Wadan Lantamal X Kolonel Laut (P) Eko Wahyono, S.E., M.M., saat melihat kolam lele milik Satrol Lantamal X, usai melepas KRI Sura-802 dan Kal Piton yang melaksanakan pelayaran menuju Manokwari, bertempat di dermaga Satrol Lantamal X, Kamis (11/06).

“Usaha pembesaran ikan lele merupakan budidaya yang paling mudah dilakukan, tidak perlu menyiapkan lahan luas, pemeliharaannya mudah dan tidak perlu menunggu waktu lama untuk panen”, ujar Wadan Lantamal X kepada Komandan Satrol dan pejabat utama Lantamal X.

Menurutnya kegiatan ini perlu di contoh oleh Satker yang lain dalam mendukung ketahanan pangan wilayah, sesuai dengan perintah Kepala Staf Angkatan Laut dalam mengantisipasi terjadinya kelangkaan pangan sebagai akibat dari pandemi Covid-19.

“Manfaatkan dengan sebaik-baiknya lahan yang ada demi mendukung program pemerintah, kita awali dengan pembuatan kolam ikan lele”, sambung Wadan.

Kolonel Laut (P) Eko Wahyono, S.E., M.M., berharap dalam memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri ini, tidak hanya sebatas memelihara ikan, tetapi juga bisa dilakukan kegiatan bercocok tanam, memelihara ayam atau unggas dengan memanfaatkan lahan yang kosong sebaik mungkin.

Total Views: 206 ,

Related posts

Leave a Comment