PENATARAN BAGI TENAGA PENDIDIK AKMIL

Magelang, PW – Kamis (11/6/2020). Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Dudung Abdurrahman membuka pelaksanaan Penataran bagi Tenaga Pendidik (Gadik) Akademi Militer yang diikuti 54 peserta terdiri dari  44 TNI dan 10 PNS, penataran ini dilaksanakan selama lima hari mulai hari Kamis s.d Rabu  tanggal  11  s.d  17 Juni 2020 dimana hari (sabtu dan minggu libur)  bertempat di kelas D1 dan D3  Akmil. Hadir dalam pembukaan penataran ini Wakil Gubernur Akademi Militer Brigjen TNI I Gde Agit Thomas beserta jajaran Distribusi Akademi Militer.

Tujuan dari penataran ini adalah untuk melaksanakan evaluasi terhadap penyelenggaraan operasional pendidikan Taruna Akmil TP. 2019/2020 dalam rangka penyelenggaraan operasional pendidikan dan meningkatkan kemampuan tenaga pendidik (Gadik) berdasarkan evaluasi pada pelaksanaan  operasional pendidikan TP. 2019/2020.

Dalam sambutannya Gubernur Akmil berharap kepada para peserta penataran agar mempunyai komitmen yang kuat dan menyadari akan pentingnya profesionalisme, kompetensi, kredibilitas serta integritas sesuai dengan Standarisasi Lembaga Pendidikan Calon Perwira TNI AD maupun Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 32 Tahun 2016 tentang Prodi dan Perguruan Tinggi. Untuk itu, Akademi Militer dituntut untuk memiliki daya tanggap yang tinggi, sehingga mampu mengantisipasi setiap kemungkinan terjadinya perkembangan terkini di berbagai bidang disiplin ilmu militer maupun non militer.

Adapun materi penataran yang akan disampaikan kali ini adalah Perangkat Pengendalian Pendidikan Tingkat Operasional, Cara Memberi Instruksi, Pembuatan Paket Instruksi, Materi Paket Intruksi, Materi Psikologi dan Materi Cara Memberi Instruksi.

Sebelum mengakhiri sambutannya Gubernur Akmil memberikan atensi untuk dipedomadi dan dilaksanakan : Laksanakan kegiatan penataran ini dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab, dengan tetap mengedepankan prosedur dan protokoler dalam menjaga kesehatan selama pelaksanaan penataran, manfaatkan penataran ini sebagai wahana untuk menyampaikan berbagai gagasan, ide dan pandangan bahkan kritik konstruktif serta sebagai sarana untuk melakukan sharing ilmu pengetahuan dan pengalaman antar Gadik, tingkatkan motivasi untuk terus belajar dan berlatih secara serius dan penuh rasa tanggung jawab, sehingga Akademi Militer ini memiliki tenaga pendidik yang betul-betul handal dan professional, manfaatkan kesempatan emas ini dengan sebaik-baiknya untuk menggali dan mempelajari teknik bidang instruksi dan kependidikan dari para narasumber yang profesional di bidangnya.

Kepada seluruh penyelenggara dan pendukung penataran Gubernur Akmil juga menekankan, laksanakan kegiatan  penataran ini secara optimal dengan senantiasa melakukan koordinasi, dan pengendalian secara terpadu sesuai dengan fungsi dan tanggung jawabnya masing-masing. Berikan materi penataran kepada para peserta secara sistematis, terukur dan  menyeluruh, sehingga benar-benar dapat mencapai sasaran yang diharapkan.

Total Views: 942 ,

Related posts

Leave a Comment