TARUNA/TARUNI AKMIL SIAP LATIHAN WIDYA YUDHA TAHUN 2020

Magelang, Rabu (10/6/2020) – PW: Gubernur Akademi Militer (Akmil) Mayjen TNI Dudung Abdurachman  pada hari Rabu 10 Juni 2020 menerima laporan kesiapan Latihan Widya Yudha Taruna/Taruni Akmil di Lapangan Resimen Taruna Akademi Militer. Acara tersebut dihadiri Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI I Gde Agit Thomas, Pejabat Distribusi Akmil, para Perwira, Pengasuh, Pelatih dan Pendukung latihan. Latihan kali ini, diikuti oleh 886 Taruna/Taruni, yang terdiri dari 363 Taruna/Taruni tingkat I, 296 Taruna/Taruni tingkat II dan 227 Taruna/Taruni tingkat III, dimana kegiatan ini dilaksanakan selama satu minggu, mulai tanggal 11 s.d 16 Juni 2020 di daerah Wonosari dan sekitarnya.

Dalam amanatnya Gubernur Akademi Militer (Akmil) Mayjen TNI Dudung Abdurachman mengatakan bahwa Latihan Widya Yudha merupakan bagian dari program latihan berjenjang yang bertujuan untuk memberikan bekal kepada Taruna/Taruni Akmil dalam mengaplikasikan kemampuan teknik dan taktik bertempur tingkat Regu dan Peleton dalam hubungan Kompi dan Batalyon. Latihan ini juga merupakan rangkuman dari keseluruhan materi latihan yang telah diberikan sebelumnya.  Latihan Widya Yudha bertujuan untuk menguji kemampuan pengetahuan Taruna/Taruni Akmil dalam mengaplikasikan materi pelajaran taktik serta kepemimpinan lapangan pada strata satuan tingkat Regu sampai Peleton dalam hubungan Kompi dan Batalyon dihadapkan pada situasi taktis di lapangan.

Latihan ini menuntut para Taruna/Taruni untuk  memahami dan menerapkan Hukum Humaniter dan HAM sebagai bekal berharga dalam pelaksanaan tugas kelak sebagai Danton atau setingkat. “Latihan Widya Yudha kali ini bersifat ‘satu pihak dikendalikan’ namun komunikasi dan koordinasi secara terpadu sesuai dengan fungsi dan tanggung jawabnya masing-masing, merupakan kewajiban bagi para pelatih dan pendukung latihan untuk selalu melakukannya secara konsisten dan hirarki,” jelas Gubernur Akmil, Mayjen TNI Dudung Abdurachman.

 

Demi keberhasilan Latihan Widya Yudha kali ini, Gubernur Akmil juga menyampaikan beberapa hal kepada para Taruna/Taruni untuk dipedomani dan dilaksanakan, diantaranya yaitu awali setiap kegiatan dengan selalu berdoa kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan spiritual, agar mendapat perlindungan-Nya dalam melaksanakan setiap materi latihan dan pesan dari Gubernur  agar para Taruna/Taruni memelihara kesehatan dan kebersihan diri maupun lingkungan, menjaga kondisi fisik dan psikis, memanfaatkan APD minimal, yaitu masker dan jangan sungkan untuk berobat bila ada gejala sakit, guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal yang lebih buruk lagi.

Kepada Danmentar Akmil dan para Pelatih Gubernur Akmil juga menyampaikan, agar memelihara dan mengembangkan realisme latihan, dengan selalu mengutamakan koordinasi dan pengawasan, serta faktor keamanan dalam setiap tahap kegiatan, sehingga latihan ini benar-benar dapat meningkatkan kualitas para Taruna/Taruni di bidang olah keprajuritan. Pedomani evaluasi latihan tahun sebelumnya untuk menyempurnakan pelaksanaan latihan Widya Yudha tahun ini,  tegasnya.

Total Views: 2179 ,

Related posts

Leave a Comment