Tangani Kecelakaan Lalu Lintas, Yon POM 2 Mar Gelar Olah TKP

Surabaya, PW: Batalyon Polisi Militer 2 Marinir (Yon POM 2 Mar) mengadakan latihan Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kecelakaan lalu lintas (laka lalin) bertempat di Kesatrian Marinir Soetedi Senaputra Karangpilang, Surabaya. Rabu (10/06/2020).

Olah TKP adalah salah satu fungsi teknis dalam satuan Polisi Militer yang dianggap sangat penting. Olah TKP yang baik dan benar adalah membuat suatu kasus bisa lebih mudah terdata, terbaca, dan pada akhirnya terpecahkan.

Pengungkapan sebuah kasus kriminal sudah barang tentu tidak lepas dari keberadaan TKP dan berbagai bukti yang ada terkait kejadian tersebut. Penanganan olah TKP tindak pidana umum dan laka lalin, menjadi sangat penting dikaitkan dengan perkembangan masyarakat dalam kasus kejadian.

Dalam penanganan olah TKP dilakukan dengan cara meminta keterangan saksi, mengumpulkan barang bukti, mengidentifikasi, dan mendokumentasi sehingga dapat dijadikan bahan analisa sebagai bahan laporan ke pimpinan.

Pada kesempatan itu, Komandan Yon POM 2 Mar Letkol Laut (PM) Edwin Heryana, S.AP., M.Tr.Hanla., M.M. mengatakan, tujuan dilaksanakan latihan olah TKP ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan anggota Yon POM 2 Mar dalam mencari penyebab terjadinya suatu kecelakaan.

“Pelatihan ini bertujuan untuk membekali dan melatih ketrampilan serta meningkatkan profesionalisme prajurit Yon POM 2 Mar dalam hal penanganan olah TKP,” tegasnya.

Total Views: 299 ,

Related posts

Leave a Comment