BTS MEYEMBRU “ON” DI HUT KABUPATEN TELUK BINTUNI KE 17

Biscoop, PW: Setelah sekian lama tidak lagi berfungsi, akhirnya tower atau BTS Meyembru di Distrik Biscoop Kabupaten Teluk Bintuni kembali Berfungsi (on). Sehingga masyarakat yang berada disekitar BTS tersebut kembali dapat menikmati layanan telekomunikasi melalui telepon seluler. Berfungsinya BTS Meyembru ini terasa spesial, karena bertepatan di HUT ke 17 Kabupaten Teluk Bintuni (9/6).

Menurut Pace Urbanus yang merupakan warga masyarakat disekitar BTS Meyembru menyampaikan jika BTS Meyembru sudah lama tidak lagi berfungsi. “BTS ini sudah lama tidak berfungsi. Mungkin sekitar 2 bulan. Dulu kalau berfungsi, itu hanya sekitar 2 jam saja yaitu dari pukul 11.00 sampai 13.00 wit. Kalau lewat dari waktu itu, maka jaringan sudah hilang”, ungkap Urbanus.

Oleh sebab itu Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten Teluk Bintuni melakukan pengecekan sekaligus perbaikan pada BTS tersebut (8/6), dengan melibatkan tim teknisi satelit dari Telkomsat dan tim teknisi power dari Sandia Hara Gantari (SHG).

Setelah diperbaiki akhirnya BTS Meyembru kembali berfungsi. Namun menurut Daud FX Pattiwael S.Pd selaku Kabid Aplikasi dan Informatika yang memimpin tim, menjelaskan bahwa BTS Meyembru sudah berfungsi dan bisa digunakan tapi berfungsinya belum maksimal.

“Penggunaan jaringan di BTS Meyembru agak terbatas. Dikarenakan panel untuk menyerap sinar matahari, dihalangi beberapa pohon. Hal ini menyebabkan daya tampung ke baterai tidak maksimal dan menyebabkan baterai cepat drop. Hal tersebut cepat memutus jaringan. Masyarakat akan menikmati layanan telekomunikasi kembali pada keesokan harinya, setelah baterai sudah mendapatkan pasokan daya sinar matahari yang cukup”, jelas Daud.

Kepada masyarakat, Daud mengharapkan kerjasama dalam hal melakukan pengawasan ataupun perawatan disekitar BTS. “Karena adanya BTS ini sangat penting dalam hal layanan telekomunikasi maupun informasi, maka diharapkan kepada masyarakat untuk dapat bersama-sama menjaga juga merawatnya”, ujar Daud.

Daud juga meminta kepada masyarakat jika ada masalah, diharapkan untuk dapat dikoordinasikan kepada pemerintah kampung dan Distrik maupun Diskominfo PS Kabupaten Teluk Bintuni. Pada kesempatan tersebut atas nama Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Drs Markus Sraun M.Si, dirinya menyampaikan “Selamat HUT yang ke 17 Kabupaten Teluk Bintuni.

Jacob Sumampouw

Total Views: 1258 ,

Related posts

Leave a Comment