Tingkatan SDM TNI AL, Aspers Danlantamal X Terima Pengarahan Kepala Staf Angkatan Laut

Jayapura, PW: Aspers Danlantamal X Letkol Laut (KH) Suryanto di dampingi Kadisminpers Lantamal X Mayor Laut (KH) Hadi Wijaya, S.Pd, dan Staf personel menerima pengarahan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., melalui video confrence, bertempat di ruang Puskodal Mako Lantamal X, Selasa (9/6/20).

Kepala Staf Angkatan Laut ( KASAL ) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam arahannya menekan pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Dikatakannya bahwa prioritas penempatan dan pemenuhan personel untuk di tempatkan di KRI. Karena personel yang mengawaki KRI sangat kurang, dan menjadi perhatian Kasal.

Sementara itu Kasal juga menyinggung tentang kebijakan sekolah lanjutan bagi strata tamtama. Dijelaskannya bahwa untuk mengikuti pendidikan calon bintara reguler harus berpangkat Koptu nol tahun. Sedangkan kopda nol tahun diberikan kepada mereka yang memiliki prestasi nasional mengikuti caba tanpa test.

Kasal mencontohkan seperti dua prajurit TNI Angkatan Laut yang berdinas di Maumere. Karena perhatiannya kepada masyarakat setempat yang terdampak Covid-19 membantu dengan membagikan bahan makanan hasil dari gaji yang diterima setiap bulan.

Prajurit matra laut berpangkat Serka dan Kopda mendapatkan aspresiasi dari ketua MPR, Kasal langsung merintahkan untuk diikutkan pendidikan calon pewira dan calon bintara tanpa test.

”Kita jangan pelit – pelit pada anggota yang berprestasi.”, tegas Kasal.

Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., juga ingin mengembalikan marwah KRI. Menurutnya bahwa sejatinya prajurit TNI Angkatan Laut harus mengawaki dan berpengalaman di KRI.

”Bahwa marwahnya Angkatan Laut adalah KRI, ujung tombaknya Angkatan Laut adalah KRI.”, tegasnya.

Di dalam arahannya kepada komunitas staf personel di seluruh jajaran TNI Angkatan Laut, Kasal dalam perekrutan dan penyediaan prajurit TNI Angkatan Laut, kedepan akan membuka cabang lembaga pendidikan di daerah, khusunya di Papua.

”Saya akan melakukan perekrutan personel di Papua, ini sudah saya laporkan Panglima TNI bahkan sudah disetujui oleh Presiden, bahwa kita melaksanakan perekrutan personel di Koarmada III.”, terang Kasal.

Kedepannya Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) mempunyai cabang-cabang yang berada di wilayah Sumatera, Sulawesi (Makassar), Papua (Sorong) untuk merekrut dan mendidik putra daerah setempat untuk menjadi prajurit bintara dan tamtama TNI Angkatan Laut.

Total Views: 501 ,

Related posts

Leave a Comment