Prajurit Yonkomlek 2 Marinir Latih Kemampuan Kirim Terima Berita dengan Lampu Isyarat

Surabaya, PW: Dalam rangka meningkatkan profesionalisme, Prajurit Batalyon Komunikasi dan Elektronika 2 Marinir (Yonkomlek 2 Mar) berlatih kemampuan untuk mengirim dan menerima berita dengan Lampu Isyarat dalam rangka Latihan Tri Wulan II (Lat TW II ) 2020 di Kesatrian Marinir Karangpilang, Surabaya. Senin(08/06/2020).

Dalam latihan praktek (lattek) yang dilaksanakan di seputaran kesatrian selain menerima berita yang dikirim oleh Instruktur, para Prajurit Yonkomlek 2 Mar juga mempraktekkan cara mengirim berita melalui isyarat lampu.

Menurut Danyonkomlek 2 Mar Letkol Mar Rizal Ikqwan Nusofa,S.H.,M.Tr.Hanla bahwa kegiatan Latihan Praktek (Lattek) prosedur komunikasi penerimaan berita melalui isyarat lampu tersebut dilaksanakan setelah prajurit Yonkomlek 2 Mar mendapatkan pelajaran teori  dari para  Instruktur, adapun kegiatan lattek ini dilaksanakan dengan semangat oleh Prajurit Yonkomlek 2 Mar pada pukul 03.00 Wib.

Lebih lanjut Danyonkomlek 2 Mar menyampaikan bahwa Lattek isyarat lampu ini sangat penting bagi prajurit Yonkomlek 2 Mar karena materi ini merupakan bekal pengetahuan bagi seluruh Prajurit Yonkomlek 2 Mar selain pelajaran komunikasi yang lain yakni pengoperasian radio dan telegrafis.

Saat kegiatan operasi di lapangan, lampu isyarat dianggap sebagai sarana komunikasi yang aman dan mudah digunakan, selama alat-alat komunikasi berbasis radio sedang tidak bisa dipakai, atau tidak boleh digunakan pada saat menghindari musuh.

“Meskipun kita masih dalam kondisi siaga Pandemi Covid-19, tetapi kita tidak boleh lupa dengan jati diri kita sebagai prajurit Petarung Korps Marinir yang harus selalu siap dan sedia dalam menghadapi perkembangan situasi yang terjadi,” tegasnya. “Ruci Raswa Ruwita”.

Total Views: 205 ,

Related posts

Leave a Comment