BTS Sarbe Normal Kembali! Kadistrik Kuri : Ini Sangat Membantu, Terutama Dari Segi Informasi

Bintuni, PW: Menuju Kampung Sarbe yang berada di Distrik Kuri Kabupaten Teluk Bintuni, harus ditempuh selama lebih dari 2 jam dengan menggunakan transportasi laut jenis longboat. Kampung Sarbe ini merupakan salah satu dari banyaknya wilayah yang berada di Kabupaten Teluk Bintuni, yang jauh dari keramaian.

Namun walaupun jauh dari keramaian, namun Kampung Sarbe dapat dikatakan sedikit lebih maju dari 7 kampung yang ada di wilayah Distrik Kuri. Dimana di Kampung Sarbe sudah tersedia fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, fasilitas penerangan, fasilitas informasi dan lainnya. Selain itu, Kampung Sarbe menjadi pusat pemerintahan Distrik Kuri. Karena kantor Distrik berdiri disana.

Namun dalam beberapa hari terakhir, masyarakat Kampung Sarbe mengalami kendala dalam berkomunikasi. Hal ini dikarenakan tower atau BTS disana hanya berfungsi sampai sore. Kendala tersebut disampaikan Kepala Distrik Kuri Rivaldi Kwando S.STP MAP kepada Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten Teluk Bintuni.

Oleh sebab itu setelah mengaktifkan kembali BTS di Kampung Naramasa, Diskominfo PS Kabupaten Teluk Bintuni bersama teknisi Telkomsat dari tim satelit dan tim power dari Sandia Hara Gantari (SHG), langsung mengecek BTS Sarbe (1/6). Namun belum berhasil diperbaiki, karena belum terkoneksi.

Tapi hari ini (5/6), BTS Kampung Sarbe sudah berfungsi dengan normal. Karena Diskominfo PS Kabupaten Teluk Bintuni bersama tim kembali memperbaiki BTS tersebut. Kadistrik Kuri Rivaldi Kwando menjelaskan bahwa dari 7 kampung yang ada di Distrik Kuri, ada 3 kampung yang mendapatkan bantuan pemasangan atau pembangunan BTS dari pemerintah.

“3 kampung yang mendapatkan bantuan pembangunan BTS tersebut yaitu Kampung Naramasa, Kampung Wagura dan Kampung Sarbe. Dan di kampung Sarbe sudah sekitar 1 minggu, jaringannya tidak bertahan lama. Kalau malam jaringan hilang. Dan saat ini sudah berfungsi kembali dengan normal, karena sudah diperbaiki oleh Diskominfo PS Kabupaten Teluk Bintuni bersama tim yang ada”, jelas Rivaldi.

Lihat Juga: BTS Sarbe Normal Kembali

“Terima kasih Kominfo. Kami mengapresiasi kinerja pemerintah daerah. Karena kehadiran tower ini sangat membantu kami, terutama untuk informasi. Baik kami dari Distrik, juga teman-teman tenaga medis dan tenaga pendidikan. Oleh sebab itu, ketika tower atau BTS ini mati, maka kami sangat kewalahan dan kesusahan dalam mendapatkan informasi. Karena tower yang terdekat ada di Wagura, itu harus ditempuh lebih dari 1 jam dengan longboat”, beber Rivaldi.

Daud FX Pattiwael S.Pd selaku Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Diskominfo PS Kabupaten Teluk Bintuni berharap masyarakat dapat membantu pihak Distrik, bersama-sama menjaga BTS yang ada disini. “BTS ini berguna untuk informasi bagi masyarakat maupun pelajar. Sehingga informasi baik dari kota ataupun kampung, dapat tersalurkan dengan baik kepada masyarakat. Oleh sebab itu kembali diharapkan kebersamaan untuk menjaga fasilitas yang diberikan”, kata Daud.

*Jacob Sumampouw

Total Views: 2086 ,

Related posts

Leave a Comment