Tingkatkan Profesionalisme, Prajurit Yonangmor 2 Mar Berlatih Bidal Dalam Kolone

Surabaya, PW: Masa pandemi Covid 19 bukan halangan bagi prajurit Batalyon Angkutan Bermotor 2 Marinir (Yon Angmor 2 Mar) untuk melaksanakan latihan perorangan kesenjataan dalam meningkatkan kemampuan BIDAL ( Pembimbing dan Pengendali ) dalam kolone kendaraan yang dilaksanakan di Kesatrian Marinir Soetedi Senaputra, Karang Pilang, Surabaya. Kamis (04/06/2020).

Dalam suatu tugas pergeseran pasukan yang mengunakan kendaraan taktis dari Yonangmor 2 Mar, ternyata kemampuan Bidal berperan sebagai penghubung kolone yang ditempatkan. Bidal bertugas sebagai mencari jalan bagi kolone ataupun konvoi kendaraan, mengantar jalannya kolone atau konvoi sampai ke tujuannya, memberi keamanan bagi kolone atau konvoi dalam berlalu lintas, sebagai penghubung antara eselon depan dan eselon belakang serta encari alternatif route lain apabila route pokok ada hambatan.

Dalam kesempatan tersebut Komandan Batalyon Angkutan Bermotor 2 Marinir (Danyon Angmor 2 Mar) Mayor Marinir Tulus Novan Hartawan Siagian M.Tr.Opsla menyampaikan bahwa fungsi Bidal sangat penting untuk menjamin berhasil dan lancarnya suatu kolone. Bidal bertugas menandai jalan-jalan serta memberikan isyarat kepada suatu kolone dapat dan tidaknya jalan untuk di lalui, bidal juga sebagai ordinance Motorcycle, pengatur lalu lintas, medan kritis, jalan jalan sempit, jembatan jalan, jalan ramai, persimpangan dan lain-lain. Bila melihat bahaya atau rintangan maka ia segera membalik dengan menyalakan lampu sebagai tanda bahaya.

Selanjutnya Komandan Angmor 2 Mar berpesan kepada prajurit nya untuk tetap semangat dalam melaksanakan latihan bidal meskipun dalam kondisi Covid 19 yang belum mereda.

“Kita selaku punggawa terdepan NKRI dalam situasi apapun harus mampu untuk menyiapkan diri baik taktik dan strategi satuan untuk mengatasi problem yang akan dihadapi kedapannya, tetap semangat dan terus kembang ilmu pertempuran Yonangmor 2 Mar.” pungkasnya. “Rata Yudha Bhakti Nagara”

Total Views: 193 ,

Related posts

Leave a Comment