PENANDATANGANAN KERJA SAMA PASMAR 2 DENGAN PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO

(Sidoarjo), PW: Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M., melaksanakan penandatangan kesepakatan bersama dengan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo yang dilakukan oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin, S.H, di Loby Mako Pasmar 2, Kesatrian Marinir Moekijat, Gedangan Sidoarjo. Kamis (04/06/2020).

Pada penandatanganan kesepakatan bersama ini, disaksikan oleh para Asisten Danpasmar 2, para Dankolak Pasmar 2, Sekda Kabupaten Sidoarjo, Asisten Pemerintah dan Kesra Kabupaten Sidoarjo, Kepala BPBD Sidoarjo, Kepala Dinkes Sidoarjo, Kepala Dinsos Sidoarjo, Direktur RSUD Sidoarjo, Kepala BPKAD Sidoarjo,  Kepala DPMPTSP Sidoarjo, Kepala Satpol PP Sidoarjo, dan perwakilan TNI/Polri wilayah Sidoarjo.

Kerja Sama Pembangunan Daerah antara Pasmar 2 Korps Marinir dengan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo meliputi bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Kesehatan, Pertahanan dan Keamanan, Pendidikan serta Penanganan Bencana.

Sebelum pelaksanaan penandatanganan, Komandan Pasmar 2 menyampaikan Korps Marinir ini adalah Satuan Kotama Operasi TNI, jadi menggerakkan pasukan Marinir ini melalui Panglima TNI, karena digunakan untuk melaksanakan tugas-tugas strategis di seluruh tanah air dan untuk pegangan operasi Pasmar 2 yang berada di wilayah Tengah ini di koordinasikan oleh Kogabwilhan II yang bermarkas di Makassar.

Sesuai dengan undang-undang 34 TNI 2004 tugas pokok TNI  itu ada 3, mulai dari penegakan, menjaga dan melindungi. Selain melaksanakan tugas tersebut ada tugas-tugas lainnya yaitu operasi militer perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP), jadi di dalam operasi militer selain perang ini ada beberapa poin, yang diantaranya membantu pemerintah daerah yang merupakan bagian dari tugas TNI juga, termasuk memberikan bantuan kepada Kepolisian.

Pada kesempatan yang berbahagia ini Pasmar 2 dengan pemerintah Kabupaten Sidoarjo akan menandatangani Mou/kesepakatan bersama,  semoga di dalam kesepakatan ini bisa di buat dengan keputusan bersama yang baik dan Pasmar 2 bisa membantu tugas-tugas Pemda yang dirasakan perlu, salah satunya misalnya dalam kondisi seperti sekarang ini. Maka dari itu ribuan prajurit Pasmar 2 yang tersebar di wilayah tengah ini memiliki potensi-potensi yang bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah daerah dalam membantu kejadian-kejadian yang berpotensi menimbulkan kerugian nasional dan Pasmar 2 bukan hanya memiliki kemampuan material, tetapi juga memiliki kemampuan personel.

Pasmar 2 ini, Markas Komandonya berada di Sidoarjo, dan berpotensi untuk membantu sepenuhnya Kabupaten Sidoarjo dalam berbagai hal untuk melaksanakan tugas-tugas non militer di Sidoarjo.

Sementara itu, Wakil Bupati Sidoarjo mengatakan bahwa kita sedang mengalami ujian yang luar biasa yaitu pendemi Covid-19 ini, maka seluruh komponen bangsa harus semuanya ikut memikirkan, ikut bersinergi dan kegiatan pada hari ini merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi kita antara pemerintah kabupaten Sidoarjo dengan Pasmar 2 Korps Marinir ini.

Dari hasil pertemuan sebelumnya dengan pihak Pasmar 2, bahwa memang perlu adanya kerjasama yang baik ini karena ada potensi dari Pasmar 2 ini yang nantinya betul-betul bermanfaat dalam rangka  penanganan percepatan Covid-19 khususnya di Kabupaten Sidoarjo, maka SDM dari Pasmar 2 yang sangat diperlukan ini bisa bermanfaat untuk Kabupaten Sidoarjo.

Untuk itu, kami akan mencanangkan membuat shelter tempat untuk isolasi di Mall Pelayanan Publik (MPP) dengan demikian kami mengharapkan kerjasama bantuan dari Pasmar 2 khususnya dengan Paramedis, Dokter dan perawat untuk bekerjasama, sehingga kebutuhan berkenaan dengan masalah ruang isolasi untuk kabupaten Sidoarjo pada akhirnya dapat terpenuhi.

Total Views: 201 ,

Related posts

Leave a Comment