Prajurit Denmako Pasmar 3 Peringati Hari Lahir Pancasila Dengan Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI Secara Virtual

Sorong, PW: Dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila 1 Juni 2020, prajurit Detasemen Markas Komando (Denmako) Pasmar 3 mengikuti pidato kenegaraan yang disampaikan Presiden RI Ir. Joko Widodo secara Virtual langsung dari Gedung Pancasila Jakarta Pusat bertempat di Mess Tidur Dalam Denmako Pasmar 3, Jl. Sorong-Klamono Km.16, Kel. Klablim, Distrik Klaurung, Kota Sorong, Papua Barat. Senin (01/06/2020).

Pada pelaksanaan peringatan hari lahir Pancasila kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang diperingati dengan upacara bendera, karena peringatan hari lahir Pancasila tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19 maka rangkaian upacara dilaksanakan secara Virtual melalui media elektronik atau dalam jaringan (online).

Acara diawali dengan pembukaan, pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo, pembacaan pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPR RI Puan Maharani dilanjutkan dengan Pidato Kenegaraan Presiden RI Ir. Joko Widodo yang bertemakan “Pancasila dalam tindakan melalui gotong royong menuju Indonesia maju” dan ditutup dengan pembacaan doa oleh Menko PMK Muhadjir Effendy.
Ditempat berbeda Dandenma Pasmar 3 Letkol Marinir Sapto Putro Pamungkas menyampaikan aktivitas atau kegiatan alternatif untuk memperingati dan memeriahkan hari lahir Pancasila tahun 2020 dapat dilakukan secara kreatif, dengan menjaga dan membangkitkan kecintaan terhadap aktualisasi nilai-nilai Pancasila pada masa pandemi covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19.

“Hikmah dari peringatan hari lahir Pancasila merupakan wujud kecintaan terhadap Bangsa Indonesia untuk mengamalkan Pancasila secara utuh serta butir-butir Pancasila”, ujarnya. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19, seluruh prajurit Denmako Pasmar 3 menyaksikan dan mengikuti pidato kenegaraan Presiden RI Ir. Joko Widodo ini dengan hikmat dan penuh antusias.

Total Views: 146 ,

Related posts

Leave a Comment