Kembangkan Teknologi Pertanian Hemat Air, Lantamal VII Gandeng Konsultan

Kupang, PW: Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) Lantamal VII, Letkol Laut (T) Endro Wahyu mendampingi Tim Konsultan Pertanian, melihat secara langsung instalasi pertanian sistem irigasi tetes atau Drip Irrigation di lahan ketahanan pangan Lantamal VII bertempat di Komplek TNI AL Osmok,  Kupang, NTT pada Senin (25/05).

Drip irrigation atau irigasi tetes adalah salah satu jenis teknologi di bidang pertanian yang mengalirkan air secara otomatis, dalam bentuk tetes dengan menggunakan selang atau pipa air, bertujuan untuk penghematan dalam penggunaan air, serta penggunaan tenaga kerja sehingga dapat mengurangi biaya operasional khususnya di wilayah yang kekurangan air seperti di Kupang saat ini.

Dispotmar Lantamal VII yang bekerjasama dengan Konsultan Pertanian merencanakan pemakaian sistem irigasi tetes atau Drip Irrigation dalam rangka mendukung kegiatan penyiraman tanaman di lahan ketahanan pangan Lantamal VII.

“Kita melaksanakan survey lokasi untuk menentukan dan menghitung rencana kebutuhan yang akan dipakai dalam pembangunan Drip Irrigation atau irigasi tetes di Lahan Ketahanan Pangan Lantamal VII ini “ ungkap Endro Wahyu  disela kegiatan.

Ia juga menambahkan jika program ketahanan pangan tersebut adalah instruksi langsung Pangarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto terhadap jajaran di bawah Koarmada II dalam upaya antisipasi bencana kekeringan, maupun dampak Covid-19.

Total Views: 184 ,

Related posts

Leave a Comment