Sukseskan Swasembada Pangan, Kodim 0826/Pamekasan Serahkan 50 Mesin Pompa Air Bantuan Kementan RI

PAMEKASAN PW – Komandan Kodim 0826/Pamekasan, Letkol Inf Herik Prasetiawan, menyerahkan secara simbolis 50 unit mesin pompa air bantuan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia kepada Kelompok Tani (Poktan) di wilayah Kabupaten Pamekasan pada Kamis (06/06/2024). Penyerahan berlangsung di Makodim 0826/Pamekasan.

Dalam kesempatan tersebut, Letkol Inf Herik Prasetiawan menjelaskan bahwa bantuan mesin pompa air ini adalah bagian dari upaya menteri pertanian dalam rangka mensukseskan program swasembada pangan, yang merupakan perintah langsung dari Presiden Republik Indonesia.

“Ini merupakan program menteri pertanian, perintah langsung dari bapak presiden untuk swasembada pangan,” ujar Letkol Inf Herik Prasetiawan.

Dandim menjelaskan lebih lanjut bahwa bantuan pompa air ini nantinya akan sangat bermanfaat bagi petani dalam mengairi lahan persawahan mereka, yang diharapkan dapat meningkatkan hasil panen padi sehingga tidak ada kekurangan beras, khususnya di wilayah Pamekasan.

“Pompa Air kepada petani untuk mengairi lahan persawahan,” tambahnya.

“Harapan kita, panen kedepan dapat menghasilkan padi yang lebih baik sehingga tidak ada kekurangan beras khususnya di wilayah Pamekasan.”

Letkol Inf Herik Prasetiawan juga menekankan pentingnya perawatan, penjagaan, dan pemeliharaan pompa yang diberikan agar bisa berfungsi dengan baik dan terus mengairi persawahan yang ada di Kabupaten Pamekasan tanpa ada permasalahan.

Ia juga mengajak para petani untuk terus berkoordinasi dan bersinergi dengan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) yang ada di lapangan sehingga permasalahan di lapangan dapat segera disampaikan hingga ke Kementerian Pertanian.

“Dengan adanya pompa ini, dalam menghadapi musim kering nanti, diharapkan sawah tidak akan mengalami kekeringan,” katanya.

Harapannya, bantuan ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh kelompok tani yang ada di Pamekasan untuk menghasilkan padi yang lebih bagus sehingga petani dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Related posts