Babinsa Koramil 1513-01/Piru Melaksanakan Pendampingan Posyandu Untuk Dukung Penurunan Stunting

SBB PW Bentuk upaya mendukung percepatan stunting di wilayah, Peltu Stenly Sekewael Babinsa Koramil 1513-01/Piru selalu hadir ditengah-tengah masyarakat dalam pendampingan pelayanan kesehatan Posyandu balita yang diselenggarakan di Desa Piru Kecamatan Seram barat Kabupaten SBB,Rabu (08/5/2024).

Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar/sosial dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi.

Kegiatan posyandu balita merupakan pelayanan kepada balita dan anak dengan melakukan penimbangan agar bisa dipantau pertumbuhan dan perkembangan balita. Manfaatnya posyandu balita yaitu untuk memberikan layanan kesehatan anak, imunisasi, pemberian makanan tambahan, dan penyuluhan tentang kesehatan.
Babinsa hadir mendampingi warga dalam pelayanan kesehatan bertujuan untuk membantu kelancaran serta tertibnya kegiatan.

Peltu Stenly Sekewael mengatakan untuk menuju percepatan stunting di wilayah, kegiatan Posyandu perlu adanya dukungan penuh dari masyarakat.“Melalui Posyandu program pemerintah mewujudkan Balita yang sehat demi tercapainya generasi penerus bangsa yang unggul perlu juga peran aktif dari masyarakat terutama orang tua.”katanya.

Kesadaran dari orang tua diperlukan untuk kepedulian terhadap kesehatan anak.misal nya rutin tiap bulan melakukan penimbangan balita ke Posyandu untuk pemantauan pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita.”terang Babinsa

Sehingga Posyandu bisa banyak memberikan manfaat diantaranya mendukung perbaikan perilaku, keadaan gizi dan kesehatan masyarakat.”imbuhnya.

Ibu Rona Soissa A.m.Keb,yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan, Posyandu Balita merupakan program rutin yang dilaksanakan oleh petugas kesehatan dengan tujuan mengontrol kesehatan Balita dan Ibu hamil yang ada di wilayah. Dalam pelaksanaannya Bidan desa dibantu oleh kader PKK yang sudah ditugaskan.

“Pelaksanaannya mulai dari penimbangan berat badan Balita, Imunisasi, pemberian vitamin, serta asupan makanan tambahan dan mengontrol kesehatan ibu hamil. Selain itu kami juga berikan edukasi tentang makanan sehat dan bergizi untuk disajikan kepada keluarga.”kata Ibu Rona Soissa.

Dengan keikutsertaan Babinsa sangatlah membantu, selain kelancaran kegiatan, Babinsa juga sering menghimbau dan mengajak warganya agar selalu hadir di setiap kegiatan Posyandu di wilayah.”pungkasnya.@/red

Related posts