Hari Pendidikan Nasional 2024 mengusung Tema “Bergerak bersama, lanjutkan Merdeka belajar”

Sidikalang. PW
Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional oleh Pemerintah Kabupaten Dairi dilaksanakan di Stadion Baru yang terletak di jalan Sidikalang – Medan, Panji Bako, Dairi, Sumatera Utara Kamis, 2.Mei.2024. Upacara dipimpin langsung Pj Bupati Dairi Surung Charles Lamhot Bantjin. Upacara diikuti oleh kepala kepala Sekolah, guru guru, siswa siswi undangan yang berada diseputaran Kecamatan Sitinjo bersama seluruh unsur Forkopimda.

Penetapan Hari Pendidikan pada tanggal 2 Mei sebagai hari nasional tertuang dalam Keppres No.316 Tahun 1959. Tanggal 2 Mei dipilih berdasarkan tanggal lahir Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara. Peringatan Hardiknas diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi terhadap Pahlawan Pendidikan serta refleksi bagi semua orang tentang esensi pentingnya pendidikan bagi Bangsa dan Negara Indonesia. Hari Pendidikan Nasional 2024 mengusung tema ” Bergerak bersama, lanjutkan Merdeka Belajar”.

Tema tersebut mengajak seluruh elemen bangsa agar saling bahu membahu bersama memajukan pendidikan Indonesia, setelah sebelumnya metode proses pembelajaran bertransformasi menjadi Daring akibat wabah pandemi covid – 19. Hal ini diungkapkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim dalam isi Pidatonya yang dibacakan Pj Bupati Dairi  Surung Charles Lamhot Bantjin pada Upacara Hardiknas di Stadion Baru Dairi.

“Kemudian, ketika langkah kita mulai serempak, kita dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah terbayangkan yakni pandemi. Dampak yang ditimbulkan mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup kita secara drastis. Pada saat yang sama, pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan. Dengan bergotong royong, kita berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi lebih kuat.” ujar Menteri Pendidikan Nadiem Anwar Makarim dalam pidatonya.

Wajah baru pendidikan Indonesia sedang dibangun bersama dengan gerakan Merdeka Belajar setelah pandemi berlalu. Perubahan terjadi disekitar kita. Anak anak Indonesia berani bermimpi karena mereka merasa merdeka kembali saat belajar dikelas.

” Kabupaten Dairi sesungguhnya sangat luar biasa dalam mengantisipasi wajib belajar. Untuk posisi itu saat ini dalam  IPM saja sudah lebih daripada 72,3% poin. Itu menandakan bahwa niat wajib belajar di Kabupaten Dairi itu sangat luar biasa.” ujar Charles Bantjin saat ditanyai  bagaimana upaya Pemerintah Kabupaten Dairi untuk meningkatkan partisipasi wajib belajar di Kabupaten Dairi.

” Sampai disini khususnya pelayanan publik khususnya pembangunan ruangan  kelas  belajar, sarana sdan prasarana itu juga kita tingkatkan. Jadi Pemerintah Kabupaten Dairi sangat berkomitmen mewujudkan Program Merdeka Belajar, sebagaimana Program yang diamanatkan Pemerintah Indonesia.” tambah Surung Charles Lamhot Bantjin saat diwawancarai setelah Upacara selesai.

Diakhir acara diumumkan nama nama peraih juara dalam berbagai event yang dilaksanakan dalam menyambut Hari Pendidikan Nasional, termasuk peraih juara dalam lomba lari maraton yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Guru Olah Raga ( FKGOR ). Kemudian dilanjutkan acara foto seluruh unsur Forkopimda bersama siswa siswi peraih juara. Mula.

Related posts