Prajurit Resimen Kavaleri 2 Marinir Upacara Hari Lahir Pancasila

(Surabaya). Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 yang bertemakan “Gotong Royong Membangun Peradaban Dan Pertumbuhan Global”, prajurit dan pegawai negeri sipil Resimen Kavaleri 2 Marinir melaksanakan upacara hari Lahir Pancasila dipimpin Pasintel Menkav 2 Mar Letkol Marinir Untung Subagyo, S.H. yang berlangsung di lapangan apel Mako Menkav 2 Mar, Kesatian Marinir Soepraptono, Semarung, Ujung Surabaya, Jawa Timur. Kamis (01/06/2023)

Pada pelaksanaan upacara hari Lahir Pancasila, amanat Panglima TNI dibacakan inspektur upacara menyampaikan, “Para Patriot NKRI sekalian yang saya banggakan, Pancasila merupakan dasar negara serta landasan ideologi bagi Bangsa Indonesia. Setiap nilai luhur yang terkandung di dalamnya telah menjadi dasar hidup bernegara sejak konsep Pancasila diperkenalkan oleh Soekarno pada 1 Juni 1945. Setelah melalui proses diskusi yang mendalam, para founding fathers selanjutnya menyetujui Pancasila sebagai dasar negara yang sah serta dicantumkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Tema peringatan hari lahir Pancasila kali ini juga sangat relevan dengan tantangan dan situasi yang sedang dihadapi oleh segenap Bangsa Indonesia yakni gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global. Tema ini merupakan pengingat bagi kita semua betapa pentingnya semangat gotong royong untuk memajukan bangsa. Sejarah telah mencatat dan membuktikan bahwa seluruh permasalahan yang dihadapi oleh bangsa dapat kita hadapi dan diselesaikan jika segenap komponen bangsa saling bergotong-royong dan bersatu padu.

Hadir dalam upacara tersebut Pasops Menkav 2 Mar Letkol Mar Jumarlang, M.Tr.Hanla., Paslog Menkav 2 Mar Letkol Mar Kuswandi, S.H., M.Tr.Opsla., Danyon Ranratfib 2 Mar Letkol Mar Aloysius Yogandhi, M.Tr.Opsla., Danyon Kapa 2 Mar Mayor Mar Imam Wahyudi, M.Tr.Opsla., Dankima Menkav 2 Mar Mayor Mar M. Datsyur dan Perwira jajaran Menkav 2 Mar.

Related posts