Aspers Danpasmar 2 Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

TNI AL, Kormar (Sidoarjo) PW : Aspers Danpasmar 2 Kolonel Marinir Rajiman memimpin upacara memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2023, di lapangan apel Mako Pasmar 2 Kesatrian Marinir Moekijat, Gedangan, Sidoarjo. Kamis (01/06/2023).

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 ini, diikuti Dandenma Pasmar 2 Letkol Marinir Ahmad Fauzi, Paban/Pabandya Pasmar 2, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Denmako Pasmar 2.

Dalam amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang dibacakan Aspers Danpasmar 2 mengatakan, peringatan hari lahir Pancasila merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia.

Sebagai prajurit TNI, harus meyakini bahwa Pancasila adalah alat pemersatu bangsa yang harus di jaga sampai titik darah penghabisan, “Berkat Pancasila yang memiliki nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong-royong, maka keberagaman yang ada di nusantara telah dapat dirajut menjadi identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika”.

Panglima TNI mengatakan bahwa tema peringatan hari lahir Pancasila kali ini juga sangat relevan dengan tantangan dan situasi yang dihadapi oleh segenap bangsa Indonesia yakni “Gotong-Royong Membangun Peradaban Dan Pertumbuhan Global”.

Diakhir amanat, Panglima TNI menyampaikan beberapa penekanan yang harus dipedomani dan dilaksanakan oleh prajurit, yaitu, TNI adalah garda terdepan dan benteng terakhir NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, jadilah perekat dan pemersatu bangsa dengan upaya nyata di lapangan, dan jaga terus sinergitas TNI dengan Polri, Kementrian serta lembaga lainnya.

Related posts