Tingkatkan Kedisiplinan,Prajurit Yon Kapa 1 Mar Asah Pemahaman Tentang PUDD Khas TNI AL

Jakarta, PW: Dalam rangka memelihara tradisi sebagai prajurit TNI Angkatan Laut (TNI AL), dan selaras dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudho Margono,S.E., M.M., berani berubah menjadi lebih baik dengan meninggalkan budaya atau rutinitas yang tidak produktif, Batalyon Kendaraan Amfibi Pengangkut Artileri 1 Marinir (Yon Kapa 1 Mar) menerima pembelajaran Peraturan Urusan Dinas Dalam (PUDD) Khas TNI AL di Gasebo Yon Kapa 1 Mar Kesatrian Marinir Hartono Cilandak Jakarta Selatan, Kamis (14/04/2022).

Kegiatan yang dipimpin oleh Pjs Pasi Pers Yon Kapa 1 Marinir Letda Mar Candra Sumirat tersebut memberikan pemahaman PUDD yaitu peraturan yang mengatur kehidupan Prajurit, baik pada saat jam dinas maupun di luar jam dinas di dalam Kesatrian/Markas untuk keamanan, kedisiplinan, ketertiban, kerapian, kebersihan, dan kesehatan satuan agar dapat berjalan dengan tertib dan teratur guna mendukung terselenggaranya tugas pokok.

Sementara itu Danton 3 Kompi Byson Letda Marinir Hartono memberikan pembelajaran tentang penggunaan peluit yang merupakan salah satu PUDD Khas TNI AL yang meliputi jenis tiupan pluit tenang, bubar selesai, teruskan, cuci tangan, habis kerja, memanggil 2 orang penggerak bendera, Bendera naik, Bendera turun, serta penghormatan kepada Pamen (Perwira Menengah) dan Pati (Perwira Tinggi).

Danyon Kapa 1 Marinir Letkol Mar Nana Widiyanto,M.Tr.Opsla., menyampaikan bahwa kegiatan pembelajaran dan pemahaman PUDD tersebut bertujuan untuk memantapkan dan meningkatkan kembali jati diri sebagai Prajurit TNI atau TNI Angkatan Laut khusunya Korps Marinir yang memiliki nilai-nilai Disiplin, Hierarki dan Kehormatan Militer sehingga harus mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai pedoman dalam bersikap dan bertindak.
PELATIHAN OPERATOR SAKTI DI JAJARAN PASMAR 1

Untuk meningkatkan kualitas kinerja pengawak keuangan, Pasmar 1 dalam hal ini Staf Akun bersama Srena Pasmar 1 menyelenggarakan Pelatihan Operator Aplikasi SAKTI jajaran satker Pasmar 1 di Mako Pasmar 1, Kesatrian Marinir Baroto Sardadi, Marunda, Jakarta Utara, Kamis (14/4/2022).

SAKTI adalah singkatan dari Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi. Aplikasi ini digunakan sebagai sarana bagi satker dalam mendukung implementasi Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) untuk pengelolaan keuangan, yang meliputi tahapan perencanaan hingga pertanggungjawaban anggaran, pelatihan ini diikuti oleh 23 calon pengawak Aplikasi SAKTI satuan kerja di lingkungan Pasmar 1.

Aplikasi SAKTI merupakan penggabungan dari seluruh aplikasi yang ada saat ini mulai dari perencanaan, logistik dan keuangan menjadi satu aplikasi yang terintegrasi.

Pelatihan ini adalah inisiatif dari Staf Akun dan Srena Pasmar1 untuk memastikan kesiapan satker – satker di jajaran Pasmar 1 dalam menghadapi pelaksanaan aplikasi SAKTI yang mulai berlaku pada tahun 2022 yang outputnya adalah laporan keuangan Pasmar 1 yang akuntable, selain itu kegiatan ini juga untuk menindak lanjuti program prioritas Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., untuk membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang unggul.

Kemajuan teknologi sudah menjadi keharusan untuk terwujudnya pengelolaan keuangan yang akuntable serta terintegrasi dengan teknologi modern.

Aplikasi SAKTI yang akan berlaku mulai tahun 2022 secara full modul adalah jawaban sekaligus tantangan yang harus dihadapi seluruh jajaran keuangan Kementerian dan Lembaga, termasuk jajaran Pasmar 1.

Related posts