Puluhan Calon Peserta Komcad Diberikan Arahan dan Pembekalan Oleh Dandim 1010/Tapin

TAPIN-PW: Komandan Kodim 1010/Tapin, Letkol Inf Andi Sinrang berikan pengarahan dan pembekalan kepada 46 peserta calon Komponen Cadangan (Komcad) matra Darat, di Halaman Makodim setempat.

Konsep bela negara melalui Komcad ini dimaksudkan untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama dalam menghadapi ancaman militer, sebagaimana Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019, tentang pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

“Masih ada waktu sebelum seleksi pada tanggal 1 Juni 2022, segera manfaatkan waktu sebaik mungkin dengan siapkan diri baik fisik maupun kesehatan,”kata Dandim 1010/Tapin, Letkol Inf Andi Sinrang, Senin, (11/04) pagi waktu setempat.

“Jangan sia-siakan kesempatan emas ini, kami berharap seleksi kedepan, perwakilan dari Kodim Tapin bisa diterima semua,”sambungnya

Dijelaskan Letkol Andi Sinrang, Komcad ini bersifat sukarela, apabila sedang dalam keadaan non aktif, anggota Komcad alam menjadi warga negara biasa seperti profesinya sehari-hari baik masyarakat, ASN, mahasiswa atau lainnya, sehingga bisa disimpulkan Komcad adalah pendukung dari Komponen Utama yaitu TNI.

“Kami berharap usai pemberian pengarahan ini, para peserta calon Komcad bisa lebih mempersiapkan diri sebelum memasuki tahapan seleksi.”ucap Dandim

Sebagai Informasi, setidaknya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi bagi mereka yang berminat bergabung ke dalam Komcad, hingga tanggal 31 mei 2022 pendaftaran Komcad masih dibuka.

Syaratnya antara lain, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Setia pada NKRI yang berdasarkn Pancasila dan UUD 1945, berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun, sehat jasmani dan rohani, kemudian tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis dari pihak Kepolisian.

Setelah memenubi persyaratan tersebut, Peserta Calon Komcad akane mengikuti tahapan seleksi administrasi dan seleksi kompetensi, yang dimulai pada tanggal 1 hingga 17 Juni 2022 mendatang, kemudian bagi yang dinyatakan lulus akan mengikuti pelatihan dasar militer selama Tiga (3) bulan.(red/mask95).

Related posts