Cepat Bagaikan Kilat, Siswa Diktaifib XLVIII Menumpas Musuh

Banyuwangi, PW: Sebanyak 46 Siswa Diktaifib Angkatan XLVIII Sekolah Khusus Marinir, diasah dan digembleng kemampuannya sebagai pasukan pemukul dalam sebuah operasi tempur yang dikemas dalam Latihan Praktek Komando materi Taktik Kondisi Tertentu (Tikkontu) yang dipimpin langsung oleh Komandan Sekolah Khusus Marinir (Dansesusmar) Letkol Marinir Mintarjo S.H. M. Tr. Opsla Perwira Pelaksana Latihan Praktek (Palaklattek) di Pusat Latihan Pertempuran Marinir 7 (Puslatpurmar 7) Lampon, Banyuwangi, Senin (04/04/2022).

Dalam latihan praktek tersebut para siswa Diktaifib XLVIII yang didampingi  oleh Kapten Marinir Suyono T.J.Lumbantoruan, dibekali dengan kombinasi taktik dengan alat utama sistem senjata (Alutsista) pesawat udara dalam hal ini Helikopter berbagai sarana angkut mendekat ke sasaran, sehingga siswa akan memiliki gambaran bahwa Heli Borne Operation itu bukan hanya hal teknis saja namun sangat besar peranannya dalam hal yang bersifat taktis.

Saat ditemui di sela-kegiatan yang sedang berlangsung, Dansesusmar menyampaikan bahwa latihan ini diawali dengan Insertion pasukan ke daerah musuh via media udara dengan metode mobile udara  (Mobud). Setelah siswa di insertkan ke Insert Point (IP) akan dilanjutkan dengan operasi Pengepungan dan Penggeledahan Rumah (Pungdahmah) sehingga dengan bekal pengalaman ini dapat memberikan gambaran kepada para siswa bahwa sebagai pasukan khusus Marinir dibutuhkan kecepatan dan ketepatan bertindak dalam menyelesaikan setiap tugas dalam penugasan di medan operasi sebenarnya dimasa mendatang.

“Tujuan latihan ini tidak lain adalah untuk membekali para siswa Diktaifib agar memiliki kemampuan dan keterampilan taktik operasi tempur dalam kondisi tertentu tingkat tim dalam hubungan Detasemen tempur khusus, dan secara khusus pada situasi medan yang menantang dan cuaca yang berubah-ubah. Hal ini sejalan dengan kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman,” pungkasnya.

Related posts