Prajurit Yonkomlek 2 Marinir Asah Kemampuan Lampu Isyarat

(Surabaya),PW: Dalam rangka menindaklanjuti perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang membangun SDM unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman, guna memelihara dan meningkatkan kemampuan prajurit dalam bidang komunikasi maka prajurit Batalyon Komunikasi dan Elektronika 2 Marinir (Yonkomlek 2 Mar) mengasah kemampuan Lampu Isyarat dalam rangka Latihan Satuan Dasar (LSD) I Tri Wulan (TW) I Ta. 2022 di daerah latihan Ds.Ngepung, Kec. Kedamean, Gresik. Kamis (31/03/2022).

Latihan yang dilaksanakan pada malam hari di lapangan ngepung selain menerima berita yang dikirim Instruktur, para Prajurit Yonkomlek 2 Mar juga mempraktekkan cara mengirim berita melalui isyarat lampu.

Menurut Komandan Batalyon Komunikasi dan Elektronika 2 Marinir (Danyonkomlek 2 Mar) Letkol Marinir Ade Lesmono, kegiatan Latihan prosedur Komunikasi penerimaan berita melalui isyarat lampu tersebut dilaksanakan setelah prajurit Yonkomlek 2 Mar mendapatkan pelajaran teori dari para Instruktur tentang prosedur pengiriman berita Sen Lampu dengan menggunakan sandi morse.

“Latihan isyarat lampu ini sangat penting bagi prajurit “Warta Buana Yudha” karena materi ini merupakan bekal pengetahuan bagi seluruh Prajurit Yonkomlek 2 Mar selain pelajaran komunikasi yang lain yakni pengoperasian radio dan telegrafis,” terang Pamen Melati dua di pundak tersebut.

Pada situasi tertentu, Lampu isyarat dapat digunakan sebagai sarana komunikasi yang aman dan mudah digunakan, terutama bila alat-alat komunikasi berbasis radio sedang tidak bisa dipakai, atau tidak boleh digunakan pada saat menghindari musuh.

Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan 5M yaitu dengan Memakai Masker, Mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

Related posts