Yonif 2 Mar Latih Ketangkasan Halang Rintang Prajuritnya

Jakarta, PW: Dalam rangka LPD/UNPD dan LPK/UNPK TW I Tahun 2022, Batalyon Infanteri 2 Marinir melaksanakan uji kemampuan ketangkasan Halang Rintang (HR) di lapangan Halang Rintang Agusni Jumasri Kesatrian Marinir Hartono, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (19/01/2022).

Latihan Halang Rintang ini merupakan latihan militer dengan menggunakan perlengkapan tempur perorangan. Dalam kegiatan ini seluruh prajurit menggunakan helm, kopelrim tanpa senjata dengan melewati 20 rintangan yaitu tanjakan balok, dinding tegak, kawat rayap, tangga rintang, balok tangga, dinding potlot, jembatan dan rintangan lainnya .

Sebelum melaksanakan latihan dilakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu kepada seluruh prajurit dan dilanjutkan dengan pemanasan untuk mengurangi resiko cedera atau korban pada saat latihan. Selanjutnya dilaksanakan pengenalan tiap rintangan oleh para pelatih.

Komandan Batalyon Infanteri 2 Marinir Letkol Marinir Sri Utomo, M.Si(Han), M.Tr.Opsla. mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kesiapan fisik yang dimiliki prajurit Yonif 2 Marinir dalam mengatasi rintangan.

“Prajurit Pasopati harus mempunyai kekuatan otot yang kuat dan ketangkasan dalam setiap gerakan, oleh sebab itu seorang prajurit Marinir harus mempunyai fisik dan mental untuk dapat melewatinya,” tegasnya.

Related posts