Dandim Hadiri Pembukaan Lomba Perahu Ces dalam Rangka HUT RI Ke-76

Marabahan-PW:Pukul 09.30 Wita telah dilaksanakan Pembukaan Lomba Perahu Ces Tingkat Desa Dalam Rangka Merayakan HUT RI Yang Ke-76 bertempat di Dermaga RT. V SDN Banua Anyar Desa Banua Anyar Kecamatan Bakumpai Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan.(06/10/2021)

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain :
Bupati Batola Ibu Hj. Noormiliyani A.S,S.H., Dandim 1005/Barito Kuala Letkol Arm Ari Priyudono,S.Sos.,M.Tr.(Han).,Kapolres Batola AKBP Lalu Moch. Syahir Arif S.I.K,MM.,Ketua Komisi II DPRD Barito Kuala Bpk. Nanang Kaderi,SH.,Camat Bakumpai Bpk. Kartayudi,S.Pd.,MSi.,Kapolsek Bakumpai Iptu Ferry, Kepala Desa Banua Anyar Bpk. Muhammad Khairani. Para Peserta Perahu Ces dengan jumlah 52 Perahu.

Sambutan Bupati Batola Terimakasih kepada bapak Camat dan Kepala Desa, masyarakat Desa Banua Anyar dan semua pihak yang telah berpatisipasi dalam rangka mensukseskan pelaksanaan kegiatan lomba Perahu Ces tingkat desa yang merupakan pertama kali dilaksanakan di daerah kita Kabupaten Barito Kuala. Saya sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan lomba ini. selain untuk memberikan hiburan bagi masyarakat, juga yang terpenting kegiatan ini juga dapat menjadi ajang untuk bersilaturrahmi antar warga sekaligus bisa menjadi destinasi wisata baru bagi Kabupaten Barito Kuala.
Perlombaan ini cukup unik, karena bisa disaksikan langsung dari rumah warga masing-masing, tanpa harus keluar rumah dan berkerumun. Kehadiran kami disini tidak sedekar untuk menyaksikan lomba perahu ces, disini kami menyaksikan bagaimana inisiatif masyarakat tumbuh dan dikembangkan. kalau direncanakan dan dikemas dengan baik, saya yakin lomba perahu ces ini akan menjadi pilihan destinasi wisata yang sangat menarik bagi wisatawan dan tentunya akan menjadi ikon baru bagi daerah kita. oleh karena itu terus gali dan tingkatkan potensi dan sumber daya yang ada di desa ini.

Kabupaten Barito Kuala memang telah sejak lama dikenal dengan potensi sungainya, oleh karena itu saya berharap agar segala potensi yang bisa kita kembangkan disungai lebih dikembangkan lagi. misalnya pada kegiatan lomba perahu ces ini, ditambah dengan membuat saung atau tempat bersantai dipinggir sungai,

sehingga wisatawan bisa menyaksikan langsung lomba sambil menikmati aneka kuliner dengan sensasi makan dipinggir sungai. saat ini kita sudah memiliki beberapa destinasi wisata yang berada di sungai seperti susur sungai, gusung rumpiyang dan sekarang ditambah lagi dengan lomba balap ces. Pemerintah akan selalu mendukung kegiatan yang bisa menambah khasanah budaya dan destinasi wisata di Kabupaten Barito Kuala. sehingga event seperti ini bisa dilaksanakan setiap tahun dan menjadi agenda tahunan, yang akan memeriahkan hari-hari besar, seperti HUT RI dan hari jadi Kabupaten kita.

Harapan saya kepada Dinas terkait Disporbudpar, agar atusias masyarakat yang menyaksikan perlombaan ini dapat dilihat sebagai peluang pariwisata yang dapat dikembangkan lebih baik lagi ke depannya. sehingga, dengan memperhatikan segala potensi yang dimiliki, hendaknya dapat semakin memotivasi kita semua untuk terus mengembangkan dan meningkatkan segala potensi yang ada Kabupaten Barito Kuala, guna mendukung sekaligus mendorong tercapainya tujuan pembangunan di segala bidang ke arah yang lebih baik dan lebih maju lagi.( mk-95)

Related posts