Kerahkan Vaksinator, Seskoal Dukung TNI AL Serbuan Massal Vaksinasi Covid-19 Masyarakat Maritim Di Dermaga Marina Ancol

Jakarta, PW: Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) mengerahkan Tenaga Kesehatan (Nakes) untuk menjadi vaksinator dalam rangka Program TNI AL Serbuan Vaksinasi Covid-19 kepada Masyarakat Maritim wilayah Pademangan dan Ancol.

Sebanyak 1 tim vaksinator Satuan Kesehatan (Satkes) Seskoal bergabung dengan 2 tim vaksinator Satkes Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) melaksanakan vaksinasi yang digelar di Dermaga 16 dan 17 Pelabuhan Marina Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Rabu (30/06).

Pada kegiatan vaksinasi massal ini TNI AL (dalam hal ini Pushidrosal dan Seskoal) mendukung penuh upaya pemerintah dalam penanggulanggan Covid-19. Selanjutnya dalam serbuan vaksinasi ini, Pushidrosal dan Seskoal menargetkan memberikan vaksinasi jenis Vaksin Astrazeneca dan Sinovac Biofarma kepada 300 masyarakat maritim yang terdiri dari masyarakat sekitar Pademangan Ancol, para pegawai di Marina Ancol, pengawak kapal-kapal pesiar dan penyelenggara wisata ke Kepulauan Seribu. Diakhir pelaksanaan vaksinasi tercatat sebanyak 251 orang yang berhasil divaksin dan tidak ada masyarakat yang mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Serbuan vaksinasi ini merupakan Instruksi Presiden Joko Widodo, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., untuk mempercepat program vaksinasi Nasional serta mendukung suksesnya target pemerintah memberikan 1 juta dosis vaksin per hari secara nasional kepada masyarakat luas.

Serbuan massal tersebut ditinjau langsung Danpushidrosal Laksamana Madya TNI Dr.Agung Prasetiawan, M.A.P., didampingi Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M.Tr.Opsla., Lurah Ancol Sukimin, Syahbandar Wilter Marina Ancol Bagas dan Kawilker Sunda Kelapa Marina Ancol Syaiful. Pelaksanaan vaksinasi ini juga berkolaborasi dengan instansi terkait lainnya seperti Pemda Jakarta Utara, Polsek Pademangan, Polsek Ancol serta Tokoh Masyarakat sehingga proses vaksinasi berjalan dengan aman dan lancar.

Pada kesempatan yang sama, Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han)., mengatakan bahwa guna mempercepat pemberian vaksinasi ke masyarakat luas, selain di Dermaga Pelabuhan Marina Taman Impian Jaya Ancol,  Seskoal juga telah mengerahkan tim Vaksinator Satkes Seskoal ke beberapa lokasi sasaran vaksinasi yang merupakan tempat-tempat strategi tempat berkumpulnya massa dalam jumlah besar antara lain di lingkungan sekitar Seskoal, Pelabuhan Muara Angke, Pelabuhan Muara Baru, JI Expo Gambir dan beberapa tempat lainnya.

Related posts