Isi Liburan Tahun Baru 2021, Prajurit Yonif 1 Marinir Laksanakan Perawatan Tanaman Hidroponik

(Sidoarjo) PW : Mengisi liburan tahun baru 2021, prajurit Tidur Dalam (TD) Yonif 1 Marinir melaksanakan pemeliharaan dan perawatan tanaman Hidroponik di Markas Yonif 1 Marinir Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur. Jumat (01/01/2021).

Kegiatan yang dilakukan yaitu melakukan penggantian air yang  menjadi media tanam  setiap 4 hari sekali, membersihkan wadah media tanam, pemilihan tanaman yang kurang sehat untuk dipisahkan, pembibitan, pengecekan larutan nutrisi/pupuk,  penyemprotan cairan anti hama serta mengecek kadar Ph dalam air, karena sangat berpengaruh terhadap perkembangan pertumbuhan tanaman.

Pada prinsipnya perawatan tanaman hidroponik hampir sama  dengan tanaman yang ditanam di media lain contohnya pemupukan dan penyemprotan cairan anti hama dalam hidroponik juga perlu, hanya memerlukan perawatan yang extra termasuk penggantian air di media penampungan.

Komandan Batalyon Infanteri 1 Marinir Letkol Marinir Aang Andy Warta, M. Tr Opsla  mengatakan, menanam dengan sistem hidroponik merupakan salah satu langkah   dalam mendukung program ketahanan pangan, selain kualitas bagus dan bersih,  pertumbuhan tanaman hidroponik juga relatif sangat cepat dibanding yang ditanam di media lain, sehingga sangat baik untuk dikembangkan.

Disampaikan juga bahwa selama proses perawatan dan pemeliharaan, selalu memperhatikan faktor kesehatan dengan memakai masker, menjaga  jarak (physical distancing), melaksanakan cuci tangan setelah melaksanakan kegiatan sebagai antisipasi penyebaran Covid-19.

Related posts