Beri Arahan Taruna AAL, Kasal: SDM Unggul Dimulai dari Lembaga Pendidikan

loading...

Surabaya, PW: Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksaman TNI Yudo Margono, S.E.,M.M menegaskan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dimulai dari Lembaga Pendidikan dengan didukung peningkatan sarana dan prasarana yang memadai.

Hal tersebut dikatakan Orang Nomor Satu dijajaran TNI AL ini, saat memberikan Pengarahan kepada Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) yang digelar di Gelanggang Olahraga Jala Krida Raga, Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya, Sabtu (5/12).

Kehadiran Kasal di AAL bersama Ketua Umum Jalasenadtri yang juga Ibu Taruna AAL Ny. Vero Yudo Margono ini, juga didampingi beberapa pejabat utama Mabesal, diantaranya Asrena Kasal, Aslog Kasal dan Aspotmar Kasal.

Sementara itu Gubernur AAL Laksda TNI Tunggul Suroapti, S.E.,M.Tr (Han) menyambut Kasal didampingi Ketua CBS Jalasenastri AAL yang juga Ibu Asuh Taruna AAL Ny. Nita Tunggul Suropati, Wagub AAL Brigjen TNI Endi Supardi, S.E, Seklem AAL Laksma TNI Yoos Suryono Hadi, M.Han, Danlantamal V, Dan STTAL dan para pejabat utama AAL lainnya.

Sebelum memberikan pengarahan pada Taruna, sambil berolahraga Kasal beserta rombongan diajak tour vacility dipandu Gubernur AAL dengan menggunakan sepeda.

Berbagai fasilitas Kampus AAL di kunjungi Kasal, diantaranya Mess Taruna, Bridge Simulator, alat instruksi di beberapa Departemen, Museum Rinjani, fasilitas kesehatan dan fasilitas ruang kelas bagi taruna.

Kasal menegaskan, untuk mendapatkan SDM unggul, perlu dilakukan langkah-langkah perbaikan mulai dari rekrutmen calon prajurit yang sesuai standar, perbaikan sarana dan prasarana penunjang yang baik, termasuk tenaga pendidiknya, sehingga menghasilkan lulusan yang baik, berkarakter dan profesional.

“Pendidikan kedepan, harus lebih baik dari pendidikan yang lalu yang masih minim sarana dan prasarananya, termasuk para Taruna akan lebih sering Latihan Praktek di KRI yang berteknologi tinggi dan satuan Marinir, sehingga lebih siap menerima tugas setelah lulus menjadi perwira nanti,” terangnya.

Kasal juga menekankan agar para taruna lebih fokus dalam menjalankan pendidikan di AAL. Taruna adalah orang-orang pilihan dari hasil seleksi ribuan peserta tes, sehingga kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan baik agar cita-cita yang diinginkan menjadi perwira TNI AL yang profesional dapat terwujud.

“Jangan kecewakan orang tua yang telah berdoa siang malam untuk kebaikan dan kesuksesan anak-anaknya, berikan hal yang membuat mereka bahagia dan bangga melihat anak-anaknya berhasil dan sukses,” pintanya.

Selain itu, Kasal juga mengingatkan para taruna untuk memanfaatkan teknologi komunikasi dengan baik, bijak dalam menggunakan sosial media, sehingga tidak merugikan diri, keluarga dan kedinasan.

“Pupuk semangat kalian, lihat senior kalian yang telah menjadi Komandan KRI, Komandan Batalyon, Pangkoarmada, Dankormar, Gubernur AAL, bahkan Kasal dan Panglima TNI serta pemimpin nasional, mereka bisa, berarti kalian juga bisa, karena dari lulusan yang sama,” terangnya.

Berkait dengan Covid-19, Kasal menekankan bahwa pandemik masih berlangsung, bahkan akhir akhir ini jumlahnya makin naik, sehingga para Taruna harus lebih disiplin lagi dan jangan kendor menerapkan protokol kesehatan, 3M dalam setiap aktifitas.

Related posts