Jelang Penugasan Sebagai Pengawak Posal, Prajurit Yonmarhanlan XII Terima Pembekalan

Pontianak, PW: Dalam rangka kesiapan satuan tugas pengamanan perbatasan (Satgas Pamtas) prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XII Pontianak menerima pembekalan pengetahuan, tugas dan fungsi pengawak Pos TNI Angkatan Laut (Posal) dan Pos Pengamat (Posmat) bertempat di Mako Lantamal XII Jl. Kom Yos Soedarso, Pontianak – Kalimantan Barat. Jum’at (20/11/2020).

Diselenggarakannya pembekalan selama  4 hari dari Selasa – Jum’at ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, dan wawasan, serta situasi dan kondisi di lapangan, mengingat tugas serta fungsi pengawak Pos TNI AL  yaitu sebagai pengindera dini dan pengumpul data intelijen maritim di wilayah perbatasan, sekaligus sebagai pengamanan aset TNI AL, melaksanakan penggalangan terhadap tokoh masyarakat, instansi pemerintah daerah setempat juga aktif melaksanakan kegiatan ketahanan wilayah dan potensi maritim dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah pusat dan daerah setempat.

Dalam kesempatan tersebut Danyonmarhanlan XII Mayor Marinir Anton Koerniawan, M.Tr.Opsla., menyampaikan arahan bahwa, penugasan ini merupakan bagian kesejahteraan dari dinas yang diberikan kepada prajurit  berdasarkan kesiapan fisik dan mental ditambah dengan kesehatan yang prima serta tingkat kemampuan dasar yang teruji, pengetahuan teritorial yang mumpuni,  sehingga dalam penugasan nanti diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik, dan bertanggung jawab, “Kalian adalah duta Korps Marinir TNI AL di wilayah penugasan, untuk itu jaga nama baik satuan dan Korps agar nama besar Marinir tetep harum di tengah masyarakat,” pungkas Danyonmarhanlan XII.

Adapun materi yang diberikan kepada anggota Satgas yaitu Pengetahuan tentang Alutsista dan material pendukung operasional dilaut, Keamanan laut (Ops), Exercises PK, Penanganan bahaya di laut, Pengetahuan Intelijen, Potensi Maritim, Bidang Hukum, Bidang Komunikasi, Pembinaan personel serta P3K juga dilaksanakan screening oleh staf Intelijen. Diharakan dengan adanya pembekalan ini Tim satgas wilayah perbatasan sekaligus sebagai pengawak Pos TNI AL memiliki kepekaan dan insting yang kuat terhadap dinamika dilapangan, sehingga dalam memberikan informasi, lebih cepat, tepat dan akurat sebagai bahan pengambilan keputusan pimpinan.

Related posts