KRI Sultan Hasanuddin- 366 Laksanakan Pengamanan Laut, Dalam Ajang Quadripartite Meeting

Jakarta, PW: Bertepatan dengan On Task ke-39, Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-L/UNIFIL 2019 KRI Sultan Hasanuddin – 366 dari jajaran Satkor Koarmada II, yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Ludfy, dipercaya kembali oleh United Nations Interim Force In Lebanon (UNIFIL) untuk melaksanakan pengamanan sektor laut pada ajang Quadripartite Meeting ,yang dilaksanakan di Area of Responsibility (AOR) UNP 1-32 A, Lebanon Selatan, Rabu(11/11).

Quadripartite Meeting merupakan pertemuan antara delegasi Lebanon dengan delegasi Israel yang di mediasi oleh UNIFIL dan United States (US). Pertemuan tersebut di agendakan dalam rangka membahas isu terkait batas wilayah serta zona debarkasi wilayah maritim antara Lebanon dan Israel.

“ Mengingat pentingnya pertemuan tersebut, dituntut keamanan yang ketat terhadap kemungkinan ancaman yang dapat menggagalkan kegiatan tersebut. Untuk itu KRI Sultan Hasanuddin – 366 yang ditunjuk sebagai unsur pengamanan, bertanggung jawab terhadap keamanan sektor laut serta mengkoordinir gambaran situasi taktis laut dan udara guna menghadapi berbagai ancaman yang sewaktu-waktu terjadi selama pertemuan berlangsung, “ jelas Letkol Ludfy tentang tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh KRI Sultan Hasanuddin.

Ludfy menambahkan jika dalam melaksanakan tugas penting tersebut,  KRI Sultan Hasanuddin – 366 berkoordinasi ketat dengan LAF-NAVY untuk memonitor dan mendeteksi kontak yang mendekati area tempat kegiatan, serta menyiapkan Tim Visit Boarding Search and Seizure (VBSS) apabila diperlukan.

“Keterlibatan Satgas MTF KRI Sultan Hasanuddin – 366 pada pengamanan Quadripartite Meeting, merupakan kepercayaan UNIFIL terhadap profesionalisme, dedikasi dan kinerja sebagai pasukan perdamaian, serta kemampuan alutsista TNI khususnya TNI AL dalam melaksanakan tugas sebagai duta bangsa di mata dunia, “ tegas Ludfy.

Disisi lain Ludfy menuturkan jika yang dilakukan KRI Sultan Hasanuddin bersama Satgas MTF TNI Konga XXVIII-L/UNIFIL 2019 selama ini sebagai Duta Perdamaian, adalah sesuai dengan instruksi Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G Sudihartawan sebagai upaya mewujudkan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, khususnya di bidang Pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan Operasi yang bersinergi dan mempunyai interoperabilitas tinggi.

Related posts