Danlantamal X : Jadilah Pahlawan Untuk Diri Sendiri Dan Keluarga

Jayapura, PW: Komandan Lantamal X Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho S.E., M.M, menjadi Irup peringatan Hari Pahlawan ke – 75 Tahun 2020 yang diikuti seluruh personil Lantamal X, bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal X. Selasa, (10/11/ 20).

Pada peringatan ini Komandan Lantamal X membacakan amanat Menteri Sosial RI Juliari P. Batubara. Dalam amanatnya Mensos menyampaikan bahwa pada hari ini di seluruh pelosok tanah air dan perwakilan RI di luar negeri, kita dapat melaksanakan upacara bendera dan mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik untuk memperingati Hari Pahlawan, 10 November 2020 dengan khidmat, meskipun di tengah masa pandemi covid-19 ini. Tentunya dengan jumlah peserta yang terbatas dan disesuaikan dengan protokol kesehatan

Dikatakannya pula Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekedar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa oleh kita semua.

Menurut Mensos apabila setiap anak bangsa indonesia tertanam semangat dan nilai nila kepahlawanan tersebut, maka kita dapat menyelesaikan berbagai masalah bangsa.

Denga berkontribusi kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain.

Dalam anatnya Mensos juga mengutip pernyataan the founding fathers Indonesia, Soekarno yang menyatakan bahwa hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar.

Juliari P. Batubara juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu, bergotong royong mengisi kemerdekaan sebagaimana tema hari pahlawan tahun 2020 yaitu “pahlawanku sepanjang masa”.

Sementara itu Komandan Lantamal X berpesan kepada seluruh prajurit dan PNS Lantamal X untuk menjadi pahlawan bagi diri sendiri dan keluarga.

Laksma Yeheskiel pun mencontohkan dirinya bahwa selama 30 tahun menjadi prajurit TNI Angkatan Laut, dirinya selalu berupaya menjalankan tugas sebaik mungkin, dan itu menjadi contoh bagi anak buahnya dan keluarga.

“Selama 30 tahun menjadi prajurit, saya bersyukur tidak pernah sekalipun cacat dalam dinas, sampai dengan sekarang.”, ungkapnya.

Danlantamal X juga berpesan agar setiap prajurit dan PNS Lantamal X untuk selalu bersilaturahmi kepada senior sebagai wujud rasa hormat dan bentuk kepedulian terhadap sesepuh.

“Waktu saya menghadiri HUT PPAL di Pantai Hamadi Jayapura, saya mengangkat tangan hormat kepada mereka, apalah artinya pangkat saya tanpa mereka.”, ucap Laksma Yeheskiel.

Related posts