Waspada Banjir Kiriman, Babinsa Koramil 03 Angkinang Bersama Warga Pantau Sungai Angkinang

 

Kandangan-PW:Babinsa Koramil 1003-03 Angkinang Serka l Wayan lakukan pemantauan terhadap keadaan air Sungai Angkinang bersama dengan beberapa orang warga Desa Bakarung, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Selasa (03/11/2020).

Pemantauan dilakukan, mengingat di wilayah tersebut ada beberapa titik yang diperkirakan dapat terjadi banjir kiriman dari hulu sungai seperti dari wilayah Kecamatan Telaga Langsat. Apa lagi, keadaan cuaca saat ini tidak menentu.

Untuk mengetahui secara dini debit air sungai tersebut, Danramil 1003-03 Angkinang Kapten lnf Bambang Kiswoyo memerintahkan Babinsa agar rutin terus memantau dan meninjau ke titik lokasi daerah rawan banjir.

“Pemantauan ini dilakukan mengingat intensitas curah hujan terkadang cukup tinggi di Kecamatan Angkinang. Sehingga dapat menyebabkan debit air sungai menjadi naik,” ujar Kapten lnf Bambang.

Lebih lanjut Danramil mengatakan bahwa pihaknya sudah mengerahkan para Babinsa untuk terus memantau perkembangan situasi sekaligus membantu warga apabila terjadi banjir. Babinsa juga diminta untuk terus berkoordinasi dengan Babinkamtibmas, Kepala Desa Setempat serta perangkatnya untuk memastikan langsung keadaan ketinggian air di sungai Angkinang.

Menurutnya, banjir kiriman dapat mengakibatkan air sungai Angkinang meluap sampai ke permukiman warga, badan jalan dan areal pertanian. Sehingga bisa melumpuhkan perekonomian masyarakat.

Berdasarkan pantauan Babinsa, Ia mengatakan ketinggian air masih keadaan kondisi siaga. Meski begitu, Babinsa harus tetap memantau dan terus melakukan komunikasi dengan sejumlah unsur terkait, sebagai antisipasi terjadinya banjir. Hal itu mengingat perkembangan situasi dan kondisi yang bisa saja berubah-ubah.(Mk-95).

Related posts