Pangdam XVI/Pattimura Pimpin Upacara Peresmian Kodim 1511/ Pulau Moa Kab MBD

Kab. MBD, PW: Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Agus Rohman, S.I.P, M.I.P. memimpin upacara peresmian Kodim 1511/Pulau Moa, Sabtu (31/10/2020) di Kab. Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku.

“Kehadiran Kodim 1511 dan jajaran Korem 151/Binaiya di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) merupakan langkah strategis bagi pembangunan kekuatan, kemampuan, dan gelar Kodam XVI/Pattimura, guna memperluas jangkauan pelaksanaan tugas pembinaan teritorial (Binter) apalagi wilayah MBD termasuk dalam wilayah kepulauan dan perbatasan, makah dalam pemberdayaan wilayah pertahanan dan membantu tugas pemerintah daerah (Pemda) dalam melaksanakan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kab.MBD, sebagaimana amanat UU No. 34 tahun 2004 tentang TNI, terkait pelaksanaan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP), ujar Pangdam XVI/Pattimura diawal sambutamnya.

”Saya selaku Pangdam XVI/Pattimura dan pribadi menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pejabat Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya, Ketua DPRD, tokoh-tokoh Agama, toko adat, Forkopimda, dan segenap masyarakat yang telah membantu dalam proses penyiapan lahan dan fasilitas perkantoran Markas Kodim Pulau Moa ini.

Sejalan dengan rencana strategi penataan organisasi Kodam XVI/Pattimura tahun 2020-2024 tentang pembangunan kekuatan, kemampuan dan gelar Kodam XVI/Pattimura, lanjutnya, maka pada kesempatan ini secara bersamaan peresmian beberapa satuan baru yaitu : KORAMIL 1511/TIAKUR DAN KORAMIL 1511-02/MASELA. Dalam peningkatan status, dan alih Kodal guna melengkapi Orgas yang telah ada saat ini makah dipandang perlu untuk ALIH KODAL : KORAMIL 1511-03/TEPA, KORAMIL 1511-04/SERWATU, KORAMIL 1511-05/WONRELI DAN KORAMIL 1511-06/WETAR.

“Maka pada hari yang berbahagia ini saya resmikan berdirinya Kodim 1511/Pulau Moa, berdasarkan Peraturan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor Kep/668/VIII/2020 tanggal 24 Agustus 2020 tentang persetujuan pembentukan satuan baru di jajaran Kodam XVI/Pattimura, termasuk didalamnya Kodim 1511/MBD sebagai bagian dari Korem 151/Binaiya.” kata orang nomor satu di Kodam XVI/Pattimura ini.

Pangdam berharap, kehadiran Kodim akan dapat memberikan kontribusi positif dan bersinergi dengan Pemda dalam membantu Bupati selaku kepala daerah melalui Forkopimda, guna membangun Kabupaten MBD menjadi daerah yang aman, lebih maju dan sejahtera di masa yang akan datang.

“Harapan saya kepada para Prajurit Kodim 1511/MBD sebagai insan teritorial dalam pelaksanaan tugasnya ke depan adalah tingkatkan iman dan taqwa kalian kepada Tuhan Yang Maha Esa, pedomani Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI, jaga kesehatan melalui pembinaan fisik, serta bangun semangat, jiwa korsa, dan kerjasama tim yang solid. Segeralah beradaptasi dengan lingkungan tugas yang baru dan laksanakan tugas Binter dengan mengedepankan pendekatan persuasif dan humanis serta menghargai kearifan lokal masyarakat adat Dengan budayanya ” pesannya.

“Jalin kerjasama dan sinergitas dengan Forkopimda, tokoh adat, tokoh agama, dan segenap komponen masyarakat lainnya. Lakukan pembenahan pangkalan secara bertahap, kembangkan innovasi dan kreatifitas dengan tulus dan ikhlas bagi kemajuan kodim 1511/MBD yang kita cintai,” sambung Pangdam XVI/Pattimura.

Acara yg berlangsung dengan sederhana namun khidmat ini diwarnai dengan penandatanganan prasasti dan pembukaan selubung papan nama Kodim 1511/MBD. Dilanjutkan penanaman pohon oleh Pangdam XVI/Pattimura, Pejabat Sementara Bupati MBD, Ketua DPRD MBD dan Dandrem 151/Binaiya.

Hadir dalam acara, Danrem 151/Binaiya, para pejabat Kodam XVI/Pattimura, para Kasi Korem 151/Binaiya, Pejabat Sementara Bupati dan Ketua DPRD beserta unsur Forkopimda Kabupaten Maluku Barat Daya lainnya, para tokoh masyarakat dan tokoh agama, Satpol PP, Pramuka, serta Dharma Wanita Pemda Kabupaten MBD, dan Ketua beserta pengurus Persit KCK PD XVI/Pattimura, serta para personel Kodim 1511/MBD *(Jack – Kalwedo

Total Views: 1057 ,

Related posts