Dukung Ketahanan Pangan, Koarmada III dan Jajaran Panen Raya Ikan 5.500 Ekor

Kota Sorong, PW: Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., yang diwakili Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Maman Firmansyah bersama Ketua Daerah Jalasenastri Armada III Ny. Bertiana Dadi Hartanto, serta segenap prajurit Koarmada III dan jajaran melaksanakan panen raya ikan dengan hasil kurang lebih 5.500 ekor ikan berbagai jenis, Rabu (5/8/2020).

Panen ikan tersebut merupakan bagian dari panen raya seluruh jajaran TNI AL yang dilaksanakan secara serentak dan disaksikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dan Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono, serta pejabat utama TNI AL melalui Video Conference di Pantai Tanjung Pasir Tangerang, Banten.

Pada panen raya secara virtual ini, Kepala Staf Koarmada III melaporkan bahwa bahwa Koarmada III dan jajaran melaksanakan panen raya dalam rangka mendukung program ketahanan pangan nasional. Koarmada III bersama Lantamal XIV Sorong telah melaksanakan panen raya bersama di km 16, Kabupaten Sorong yaitu panen ikan lele sebanyak 2.500 ekor di kolam ikan air tawar, dengan memanfaatkan lahan seluas 1.500 m². Pada kesempatan ini juga hadir Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi, Komandan Lantamal XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Markos, S.E., dan pejabat lainnya.

Kemudian jajaran Lantamal IX Ambon melaksanakan panen ikan bubara sebanyak 1.000 ekor di kolam ikan dermaga Lanal tual seluas 9 m². Sememnata Lantamal X Jayapura. lokasi panen raya di kolam ikan komplek perumahan Hamadi panen ikan nila sebanyak 2.000 ekor di kolam ikan air tawar dengan 5 kerambah masing-masing kerambah seluas 20 m x 5 m. Sementara itu, Lantamal XI Merauke panen raya ikan nila di kolam Mako Lantamal XI dengan memanfaatkan 2 kolam masing-masing seluas 1/2 hektar.

Selain itu, pada 25 Juni yang, Koarmada III telah melaksanakan program pembinaan ketahanan pangan dengan kegiatan panen bersama jagung di Kelurahan Malawili Distrik Aimas, Kabupaten Sorong. Dengan memanfaatkan lahan garapan petani seluas 1 hektar yang dilaksanakan oleh kelompok tani “Petani Maju” di Kelurahan Malawili dengan menanam jagung jenis hibrida varietas unggul. Dalam pelaksanaan panen bersama tersebut dapat menghasilkan kurang lebih 4 ton jagung hibrida. Koarmada III juga memelihara peternakan ayam sebanyak 500 ekor varian ayam kampung di Aimas SP2 Kabupaten Sorong dan memelihara ikan lele dalam tong besar sebanyak 1.000 ekor di kebun holtikultura Jalasenastri Armada III.

Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.

Total Views: 169 ,

Related posts